Pengembang Gim iRacing Akuisisi MGI untuk Kembangkan Gim Konsol Berbasis Realitas
IRacing terus mengambangkan gim balapan berbasis realitas. (foto: iracing.com)

Bagikan:

JAKARTA – Salah satu layanan gim berlangganan dan berbayar yang mengalami pertumbuhan mendadak selama pandemi adalah iRacing. Sementara liga balap di kehidupan nyata sedang sekarat, mereka justru menggunakan layanan balap simulasi yang terperinci dan realistis sebagai platform penyiaran esports. Bahkan banyak orang baru mulai bermain untuk mengembangkan basis pembalapnya di PC dari 110.000 pada awal tahun 2020 kini menjadi lebih dari 200.000 hari ini .

Sekarang iRacing.com Motorsport Simulations mengatakan telah mengakuisisi Monster Games, Inc. (MGI). Studio yang berbasis di Minnesota itu mengembangkan empat gim pertama di bawah merek NASCAR Heat dan judul terbarunya, SRX: The Game, untuk dimainkan di PC dan konsol PlayStation dan Xbox.

Siaran pers yang dikutip The Verge, mengumumkan pembelian tersebut, “Tim pengembangan iRacing akan tetap 100% fokus untuk terus mengembangkan produk inti, iRacing.” Tetapi pengalaman Monster Games dalam membuat gim konsol jelas merupakan bagian dari rencana ke depan, karena rilis tersebut juga mengatakan kesepakatan ini akan “meningkatkan kemampuan perusahaan untuk menghadirkan gim balap berkualitas tinggi ke pasar yang lebih luas, termasuk ruang konsol.”

Didorong oleh pertumbuhan pelanggannya, iRacing baru-baru ini juga mengakuisisi Orontes Games, yang telah mengembangkan mesin gim untuk memberi daya pada grafis beresolusi tinggi dan fisika canggih untuk gim balap Drag-nya yang tersedia melalui Steam Early Access.

Rich Garcia, CEO Monster Games, memiliki sejarah dengan CEO iRacing, Dave Kaemmer, sejak awal perusahaan Kaemmer sebelumnya, Papyrus, mengerjakan game balap PC yang terkenal. Rencananya, MGI akan merilis judul yang belum diumumkan dalam pengembangan akhir tahun ini dan kemudian mengembangkan gim menggunakan sumber daya dari ketiga studio.

Informasi lebih lanjut tentang apa yang selanjutnya dijanjikan "pada tahun mendatang." Namun, kutipan dari Kaemmer memberikan petunjuk kuat tentang apa yang seharusnya kita harapkan, “Kami berada pada titik sebagai perusahaan bahwa kami merasa nyaman membangun dua tim baru ini untuk menjelajahi pasar gim balap yang lebih luas untuk akhirnya menyalurkan pembalap sim yang serius ke produk unggulan kami, iRacing di PC. Tim Rich and the Monster akan menjadi bagian penting dari strategi itu karena kami menggunakan kode dan pengalaman kami untuk membawa game mereka ke level yang lebih tinggi.”

Port iRacing untuk PlayStation 5 atau Xbox Series X tampaknya tidak mungkin, berdasarkan pernyataan itu, tetapi membawa data ultra-realistisnya ke gim balap yang dibuat untuk dimainkan di konsol, serta peningkatan teknologi lanjutan untuk judul unggulan, tampaknya menjadi taruhan yang cukup aman.