Akuisisi Firesprite, Sony Diduga Berencana Kembangkan Gim VR Lagi
Gim Firesprite termasuk The Playroom dan The Playroom. (foto: Firesprite)

Bagikan:

JAKARTA - Kabar datang dari Sony yang baru saja menambahkan pengembang lain ke jajaran PlayStation Studios-nya, dengan mengakuisisi Firesprite, sebuah pengembang yang lahir di Inggris dengan karya yang berbasis virtual reality (VR).

Firesprite didirikan pada tahun 2012 dan sejak itu telah mengembangkan sejumlah gim untuk konsol PlayStation Sony. Gim Firesprite termasuk The Playroom dan The Playroom VR, Run Sackboy! Run! serta gim horor The Persistence. Akuisisi Firesprite oleh Sony yang diumumkan dalam unggahan blog resminya juga merupakan salah satu yang terbesar hingga saat ini.

Firesprite sendiri hanya memiliki lebih dari  250 karyawan. Ini jelas berbanding terbalik dengan London Studio dan Media Molecule, dua pengembang Sony lainnya yang juga berbasis di Inggris, tetapi memiliki lebih sedikit pengembang daripada Firesprite.

“Sekarang, sebagai studio pihak pertama. Kami tahu kami mendapat dukungan penuh dari PlayStation dalam memajukan warisan kami dalam menggabungkan kreativitas dan inovasi teknis untuk menawarkan beberapa pengalaman yang benar-benar unik bagi para penggemar PlayStation," ungkap Pendiri dan direktur pelaksana Firesprite, Graeme Ankers, seperti dikutip dari Digital Trends, Kamis, 9 September.

Namun, tidak jelas apa yang akan menjadi fokus utama Firesprite untuk Sony ke depannya. Apakah itu sebagai pengembang atau sesuatu yang lebih bertarget. Mengingat pengalaman perusahaan dengan The Playroom VR, ada kemungkinan bahwa gim pertama yang di lihat dari Firesprite adalah untuk sistem PlayStation VR generasi berikutnya dari Sony.

Firesprite bukan pengembang eksklusif VR, rilis The Persistence Enhanced membuktikan hal ini, tetapi waktunya terasa tepat bagi Sony untuk memanfaatkan keahlian Firesprite dan mengungkap rencana yang lebih besar untuk PSVR 2. Namun, tanpa detail konkret yang akan datang, kita hanya perlu menunggu dan melihat apa yang terjadi dari akuisisi ini.

Diketahui juga pada musim panas ini, Sony baru saja membeli Housemarque, studio di belakang Returnal, dan Nixxes Software, pengembang dengan pengalaman bertahun-tahun mem-porting gim konsol ke PC. Kemungkinan Housemarque akan terus membuat gimnya sendiri dan Nixxes akan mem-porting gim PlayStation ke PC.

Sementara itu, Sony juga akan menyelenggarakan PlayStation Showcase hari ini waktu setempat. Presentasi berdurasi 40 menit itu akan mencakup pembaruan dari PlayStation Studios dan beberapa pengembang industri paling imajinatif untuk gimnya.