Lelah dengan Spoiler Layangan Putus atau Spider-Man? Bahkan COVID-19 di Twitter? Ini Solusinya!
Twitter menawarkan opsi untuk menonaktifkan istilah.(foto: Dok. Twitter)

Bagikan:

JAKARTA - Anda bosan dengan spoiler film Spider-Man: No Way Home atau serial Layangan Putus sebelum menontonnya, atau perlu istirahat dari orang-orang yang membicarakan COVID-19 maupun berita yang tidak Anda minati? Twitter kini punya solusinya.

Twitter bisa menjadi wadah untuk berinteraksi dengan teman, merek, selebriti, dan hampir semua orang. Namun terkadang, film dan spoiler acara TV bisa dianggap risiko yang membuat frustrasi, tetapi tidak berbahaya.

Begitupun membaca tweet berisi konten yang menyakitkan dapat berdampak negatif pada kesehatan mental Anda, dan ini adalah masalah yang lebih besar. Timeline Twitter tanpa filter membuat Anda rentan terhadap kedua risiko ini.

Untungnya, ada cara untuk melindungi diri Anda sendiri. Twitter menawarkan opsi untuk menonaktifkan istilah, dengan cara yang sama seperti Anda menonaktifkan akun yang tidak ingin Anda lihat.

Fitur mute Twitter kini dapat menyelesaikan semua masalah tersebut, dan Anda hanya perlu menemukannya di menu aplikasi.

"Saat Anda membisukan kata-kata, Anda tidak akan mendapatkan pemberitahuan baru untuk Tweet yang menyertakannya atau melihat Tweet dengan kata-kata itu di timeline Anda," tulis Twitter dalam deskripsi fitur.

Berikut cara membersihkan timeline Anda dari topik yang tidak diinginkan, seperti yang dikutip dari CNET, Senin, 27 Desember.

Cara Menonaktifkan Kata-kata Tertentu di Twitter

  1. Ketuk gambar profil Anda di kiri atas pada perangkat seluler. Pilih More jika Anda menggunakan komputer.
  2. Pilih Settings and Privacy, klik Privacy and Safety.
  3. Pilih Mute dan Block, kemudian ketuk kata yang ingin dibisukan. Jika ada istilah yang dinonaktifkan, istilah tersebut akan ditampilkan di menu berikutnya.
  1. Di iOS, tekan tombol Add di kanan bawah. Di Android, tekan simbol + di kanan bawah (kanan atas di browser web).
  2. Di bagian atas layar, masukkan kata atau frasa yang ingin dibisukan. Jika Anda ingin menonaktifkan beberapa istilah, yang umumnya lebih efektif, Anda harus menonaktifkannya satu per satu. Misalnya saja pandemi, COVID, COVID-19, vaksin, delta dan Omicron.
  3. Pilih di mana Anda bisa menonaktifkan istilah, apakah Anda ingin menonaktifkannya di seluruh lini masa atau hanya notifikasi, apakah Anda ingin menonaktifkannya dari siapa pun atau hanya orang yang tidak Anda ikuti, dan berapa lama Anda ingin istilah tersebut tetap dibisukan.
  4. Tekan Save di kanan atas layar untuk menonaktifkan kata atau frasa. Jika Anda ingin menambahkan lebih banyak istilah, ulangi lagi dari langkah lima.