Blue Origin Berhasil "Lagi" Boyong Kru dan Mantan Bintang Super Bowl  ke Tepi Luar Angkasa
Blue Origin bawa astronot amatir ke tepi luar angkasa. (foto: Instagram @blueorigin)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah sukses membawa empat orang astronot amatir beberapa waktu lalu termasuk pendirinya, Jeff Bezos, kini Blue Origin kembali berhasil meluncurkan kru enam orang ke tepi luar angkasa untuk pertama kalinya.

Dalam penerbangan itu, Blue Origin membawa kru astronot pribadi termasuk mantan bintang sepak bola Super Bowl yang sangat terkenal dan kini menjadi presenter TV, Michael Strahan, serta putri astronot pertama AS, Laura Shepard Churchley.

"Kami memiliki penerbangan yang bagus hari ini. Ini adalah penerbangan keenam kami dalam tahun yang luar biasa bagi program New Shepard. Kami (sudah) menerbangkan 14 astronot ke luar angkasa, menerbangkan  muatan NASA yang menguji sensor pendaratan di Bulan, dan menyelesaikan penerbangan uji sertifikasi kami,” ujar CEO Blue Origin, Bob Smith.

Keenam orang tersebut menikmati waktu 10 menit di perbatasan antara Bumi dan luar angkasa dalam misi NS-19 menggunakan roket Blue Origin New Shepard. Roket itu diluncurkan dari Van Horn di Texas pada pukul 10 pagi ET (22.00 WIB) pada Sabtu, 11 Desember.

Mengutip Digital Trends, Senin, 13 Desember, kru terdiri dari empat penumpang yang membayar (termasuk seorang ayah dan anaknya), ditambah tamu Blue Origin, Laura Shepard Churchley, putri astronot AS pertama Alan Shepard, dan mantan bintang New York Giants dan pembawa acara TV saat ini,  Michael Strahan.

Setelah penerbangan itu, Strahan membagikan pengalamannya melalui akun Twitter-nya, "Harus saya katakan, itu nyata! Ini sulit dipercaya. Bahkan sulit untuk menggambarkannya. Ini akan memakan sedikit waktu untuk memprosesnya," ungkap Strahan dalam video pendek yang diunggahnya.

"Saya ingin berterima kasih kepada pelanggan muatan kami, astronot kami dan, tentu saja, Blue Team untuk banyak pencapaian penting ini. Saya sangat bangga menjadi bagian dari tim yang berdedikasi dan bekerja keras ini yang memastikan bahwa setiap penerbangan New Shepard aman dan dapat diandalkan. Terasa menyenangkan untuk mengatakan bahwa ini baru permulaan," ucap Smith.

Sebelumnya Blue Origin pada Juli lalu telah membawa Jeff Bezos dan saudara laki-lakinya, Mark Bezos, salah satu pilot Merkurius 13, Wally Funk, dan Oliver Daemen seorang mahasiswa fisika berusia 18 tahun dalam penerbangan New Shepard selama 10 menit 18 detik ke tepi luar angkasa, dan berhasil kembali ke Bumi dengan mulus.

Sebagai informasi, penerbangan anyar kru enam tersebut disiarkan langsung oleh Blue Origin, jika ingin menonton siaran ulangnya, tonton di bawah ini!