Jeff Bezos Umumkan Enam Nama yang Akan Terbang dengan New Sheppard ke Luar Angkasa
Pembawa acara Good Morning America, Michael Strahan , akan terbang ke luar angkasa dengan New Sheppard. (foto: twitter @michaelstrahan)

Bagikan:

JAKARTA – Bos Blue Origin , Jeff Bezos,  mengumumkan gelombang baru wisatawan ke luar angkasa dengan wahana miliknya pada Selasa, 23 November. Dailymail, melaporkan rombongan ini termasuk dua tamu kehormatan dan empat pelanggan yang membayar untuk tur mereka.

Pembawa acara Good Morning America, Michael Strahan dan Laura Shepard Churchley, putri tertua Alan Shepard yang dikenal sebagai orang Amerika pertama yang terbang ke luar angkasa , telah diberikan kursi kehormatan di roket New Shepard yang akan diluncurkan pada 9 Desember.

Empat penumpang lainnya, adalah orang-orang yang telah membayar mahal untuk pengalaman itu, termasuk eksekutif dan dermawan industri luar angkasa, Dylan Taylor, investor Evan Dick, pendiri Bess Ventures, Lane Bess dan Cameron Bess. Duo Bess ini akan menjadi duet orangtua dan anak pertama yang terbang di luar angkasa.

Lift-off untuk kru baru ditetapkan pukul 10:00 ET (22.oo WIB) dari Situs Peluncuran Satu Blue Origin di Texas Barat dan akan menandai misi pariwisata ruang angkasa ketiga perusahaan bagi perusahaan luar angkasa milik Bezos itu.

Penerbangan pertama, yang diluncurkan pada bulan Juli, termasuk mengangkut Bezos sendiri dan penerbangan kedua pada 13 Oktober mengangkut William Shatner, aktor yang terkenal karena memerankan Kapten Kirk di Star Trek. Mereka melakukan perjalanan  di ketinggian 65 mil di atas permukaan Bumi.

Meskipun Bezos belum secara resmi mengumumkan harga untuk penerbangan tersebut. Namun aktor Tom Hanks, yang diminta untuk bergabung dengan misi terakhir pada bulan Oktober, mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Jimmy Kimmel bahwa dia 'tidak mau membayar 28 juta dolar' untuk kursi tersebut.

Penerbangan 9 Desember ini menandai penerbangan ke-19 New Shepard dan pertama kalinya roket itu akan membawa enam orang di dalam kapsul Blue Origin ke luar angkasa. Pada misi sebelumnya hanya menampung empat orang.

Enam orang awak akan melayang setidaknya 65 mil di atas permukaan dan menghabiskan sekitar 10 menit dalam keadaan gravitasi nol.

Blue Origin mengklaim bahwa perjalanan singkat ke luar angkasa mereka akan membantu lebih jauh 'visi perusahaan tentang jutaan orang yang tinggal dan bekerja di luar angkasa untuk kepentingan Bumi'.

Strahan, mantan atlet  NFL, telah memenangkan Super Bowl sebagai anggota New York Giants dan dilantik ke dalam Pro Football Hall of Fame pada tahun 2014. Sejak pensiun, Strahan telah menjadi pemenang penghargaan Emmy dua kali dan telah memenangkan penghargaan Peabody sebagai jurnalis.

Seiring dengan co-hosting 'Good Morning America,' dia juga menjadi host acara permainan '$100,000 Pyramid.'

“Saya harus mengatakan, ada banyak orang yang melihat dan mereka berkata, 'Anda tahu? Miliarder menghabiskan banyak uang untuk pergi ke luar angkasa,' tetapi ini lebih besar dari itu,” kata Strahan dalam sebuah wawancara dengan Bezos setelah penerbangan manusia pertama Blue Origin, menurut collectSpace.

“Ini bukan hanya tentang Anda mencoba pergi ke luar angkasa, ini sangat besar dalam hal pendidikan dan untuk hal-hal yang terjadi di planet ini,” ucapnya seperti dikutip Dailymail.

Blue Origin mencatat bahwa sejak Strahan diundang untuk bergabung dalam penerbangan, dia akan menerima bayaran. Namun, ia berencana untuk menyumbangkan uang tersebut ke Boys & Girls Club.

Shepard Churchley membawa nama belakang ayahnya yang terkenal karena menjadi orang Amerika pertama yang terbang ke luar angkasa pada 5 Mei 1961 dengan melakukan penerbangan suborbital di atas kapsul Mercury bernama Freedom 7.

"Sangat menyenangkan bagi saya untuk mengatakan, Shepard asli akan terbang di New Shepard," kata Shepard Churchley, dalam sebuah wawancara video yang diposting oleh Blue Origin.

Shepard Churchley, saat ini menjabat sebagai Ketua Dewan Pengawas Yayasan Beasiswa Astronaut, sebuah yayasan yang menggalang dana untuk mahasiswa dan memberikan bimbingan kepada para sarjana yang mengejar karir dan penelitian di STEM. Churchley juga akan menjadi astronot AS generasi kedua yang terbang ke luar angkasa.

Yang pertama adalah Richard Garriott, putra Skylab dan astronot pesawat ulang-alik Owen Garriott, yang mendanai perjalanannya sendiri ke Stasiun Luar Angkasa Internasional pada 2008.

“Untuk tujuan kita hari ini, hal yang paling menarik tentang Alan Shepard adalah dia adalah senama untuk kendaraan ini, New Shepard, dan itu karena profil misi yang kita lakukan hari ini sangat mirip dengan yang Alan terbangkan saat dia menjadi orang Amerika pertama di luar angkasa enam puluh tahun yang lalu,” kata Bezos pada konferensi pers setelah penerbangannya sendiri ke luar angkasa, menurut collectSpace.

Taylor, anggota ketiga dari penerbangan tersebut, adalah Ketua & CEO Voyager Space, sebuah perusahaan eksplorasi ruang angkasa global yang berkantor pusat di Denver. Dia juga pendiri Space for Humanity lembaga nirlaba global, yang mengorganisir Program Astronot Warga Bersponsor pertama di planet ini.

Dick adalah seorang insinyur, investor, dan Anggota Pelaksana Dick Holdings. Dia juga seorang pilot berperingkat ATP, yang berarti dia disertifikasi untuk terbang untuk maskapai mana pun, dan senang berlayar dan mengendarai sepeda motornya.

Lane dan Cameron Bess, ayah dan anak, yang akan membuat sejarah sebagai pasangan orang tua-anak pertama yang menjelajah ke perbatasan terakhir.

Lane terkenal karena telah membantu memulai dan membangun dua perusahaan keamanan siber, Zscaler dan Palo Alto Networks, sementara putranya adalah pembuat konten.

Menurut Blue Origin: 'Cameron mengidentifikasi diri sebagai panseksual dan bangga mewakili komunitas yang terpinggirkan dan berharap perjalanan mereka dapat menginspirasi orang lain.'

Keenam penumpang akan mengalami perjalanan yang sama seperti yang dilakukan Bezos pada 20 Juli, ketika dia, saudaranya Mark, berkelana 66 mil di atas permukaan mereka.