Kenalan dengan Kru yang Akan Temani Jeff Bezos dalam Perjalanan Luar Angkasa Besok
Jeff Bezos bersama kru yang akan menemaninya terbang ke luar angkasa. (foto: instagram)

Bagikan:

JAKARTA - Miliuner Jeff Bezos akan meluncur ke luar angkasa bersama pesawat ruang angkasa Blue Origin, New Shepard esok hari, Selasa 20 Juli. Bezos tidak sendiri, dalam hal ini ia turut membawa sejumlah kru dalam perjalanan wahana antariksa tersebut.

Bezos telah menarik banyak perhatian media, tetapi dia tidak akan menjadi satu-satunya dalam penerbangan berawak itu. Dia juga akan membawa saudara laki-lakinya, Mark Bezos, salah satu pilot Merkurius 13 Wally Funk, dan Oliver Daemen seorang mahasiswa fisika berusia 18 tahun.

New Shepard adalah sistem penerbangan luar angkasa otomatis dan semua kru akan menjadi astronot pemula, meskipun Funk adalah penerbang yang sangat berpengalaman dengan hampir memiliki jam terbang 20.000 sebagai pilot dan instruktur.

Meski demikian, Blue Origin belum mengungkapkan harga resmi kursi yang dijual untuk wahana antariksa itu atau jadwalnya untuk penerbangan mendatang. Berikut adalah rangkuman singkat perjalanan hidup para kru tersebut, yang VOI kutip dari Space, Senin 19 Juli.

1. Berusia 57 tahun, Jeff Bezos mendirikan Blue Origin pada tahun 2000. Bezos ingin pergi ke luar angkasa saat remaja, tetapi bertekad untuk melakukannya sebagai pengusaha dan membeli peluangnya. Solusinya adalah memasuki bidang ilmu komputer yang saat itu sedang berkembang.

Dia menjadi miliuner setelah mendirikan Amazon pada 1994, yang berkembang pesat dari penjual buku menjadi barang umum dan kerajaan streaming yang menghasilkan miliaran dolar. Bezos mengundurkan diri sebagai CEO Amazon beberapa minggu lalu untuk fokus pada usaha lainnya, termasuk perusahaan luar angkasanya Blue Origin.

2. Adik Bezos yakni Mark Bezos dikenal sebagai seorang jutawan, karena ia memiliki saham Amazon. Berusia 53 tahun, dia adalah mantan eksekutif iklan dan salah satu pendiri perusahaan ekuitas swasta HighPost Capital.

Mark juga berada di dewan kepemimpinan lembaga nirlaba Robin Hood, yang memerangi kemiskinan. Jeff Bezos begitu dekat dengan saudara-saudaranya termasuk Mark. Ia baru-baru ini mengatakan di Instagram bahwa dia "terpesona" bahwa Jeff memintanya untuk naik ke pesawat.

3. Jeff Bezos juga akan membawa Wally Funk, seorang pionir penerbang wanita yang terkenal sebagai salah satu dari misi Merkurius 13, wanita yang diuji oleh NASA sebagai calon astronot selama hari-hari awal program luar angkasa AS.

Secara pribadi, Bezos mengundang Funk yang berusia 82 tahun itu untuk bergabung dengan kru secara gratis, karena itu Funk tidak perlu membayar tiket wahana antariksa tersebut.

Funk akan menjadi orang tertua yang terbang di luar angkasa, mengalahkan mendiang astronot Mercury John Glenn yang berusia 77 tahun ketika ia terbang dalam misi keduanya di pesawat ulang-alik NASA Discovery pada 1998.

4. Terakhir, kru yang akan dibawa Bezos esok hari adalah seorang mahasiswa berusia 18 tahun Oliver Daemen. Dia belajar inovasi dan fisika di Universitas Utrecht di Belanda dan ingin terbang ke luar angkasa sejak usia empat tahun.

Daemen akan menjadi orang termuda di luar angkasa setelah misi ini, mengalahkan kosmonot Rusia Gherman Titov, yang berusia 25 tahun ketika dia terbang dalam misi Vostok 2 Uni Soviet pada 1961.