Oliver Daemen, Calon Astronot Termuda yang Akan Terbang Bersama Jeff Bezos
Oliver Daemen, mahasiswa fisika, akan bergabung dengan penerbangan luar angkasa di New Shepard. (foto: instagram)

Bagikan:

JAKARTA - Seorang pemuda asal Belanda yang berusia 18 tahun sebentar lagi akan menjadi astronot termuda di dunia. Ia juga akan menjadi turis ruang angkasa pertama yang membayar dalam penerbangan luar angkasa komersial AS, Blue Origin. Informasi ini langsung diumumkan oleh Jeff Bezos, Kamis, 16 Juli.

Oliver Daemen, seorang mahasiswa fisika, akan bergabung dengan penerbangan luar angkasa di New Shepard bersama Bezos. Ia terbang setelah ayahnya yang menempati penawaran di tempat kedua dan pemenang lelang senilai 28 juta dolar AS ditangguhkan ke penerbangan berikutnya.

Oliver adalah putra pemodal Joes Daemen, pendiri dan CEO perusahaan ekuitas swasta Belanda, Somerset Capital Partners, yang membayar kursi dan memilih untuk melepaskan kepada Oliver sebagai gantinya.

Blue Origin menjelaskan Oliver mendapati kursi pada penerbangan pada 20 Juli setelah pemenang tender yang tak mau disebutkan namanya, memutuskan untuk terbang pada misi New Shepard di masa depan, karena konflik penjadwalan yang dirahasiakan.

"Saya sangat bersemangat untuk pergi ke luar angkasa," kata Oliver dalam pesan video. "Saya telah memimpikan ini sepanjang hidup saya dan saya akan menjadi astronot termuda karena saya berusia 18 tahun. Saya sangat bersemangat untuk mengalami (gravitasi) nol G.”

Menurut pihak Blue Origin, Oliver secara teknis akan menjadi 'pelanggan pertama yang membayar',  yang akan terbang ke tepi angkasa, bersama Bezos, saudaranya Mark Bezos, perintis penerbangan Mary Wallace 'Wally' Funk dan dua penumpang lainnya.

Perusahaan itu mengatakan Oliver 'telah terpesona oleh luar angkasa, Bulan, dan roket sejak dia berusia empat tahun'.

Seorang juru bicara Blue Origin mengatakan kepada DailyMail.com bahwa mereka tidak mengungkapkan harga yang dibayarkan untuk kursi Oliver, tetapi menegaskan bahwa dia berpartisipasi dalam pelelangan sebelumnya.

"Dia adalah peserta dalam pelelangan dan telah mengamankan kursi di penerbangan kedua," kata juru bicara itu melalui email. 'Kami memindahkannya ketika kursi ini pada penerbangan pertama tersedia.”

Oliver sekarang tengah berada di Texas, di mana peluncuran akan berlangsung pada Selasa, 20 Juli.

"Pada usia 18 tahun dan 82 tahun, Oliver Daemen dan Wally Funk mewakili astronot termuda dan tertua yang melakukan perjalanan ke luar angkasa," kata Blue Origin dalam sebuah pernyataan.

GeekWire melaporkan bahwa Oliver lulus dari sekolah menengah tahun lalu dan mengambil jeda tahun sebelum melanjutkan belajar untuk mengambil lisensi pilot pribadinya di Spanyol. Dia juga akan memiliki gelar dalam bidang fisika dan manajemen inovasi di Universitas Utrecht pada bulan September.

Gambar-gambar di akun Instagram Oliver menunjukkan dia memiliki kegiatan olahraga yang cukup menantang seperti berselancar, menyelam dan wakeboarding, serta berpose dengan DJ Belanda, Martin Garrix dan pembalap Formula Satu Belgia-Belanda Max Verstappen.

Ibu Oliver, Eline Daemen Dekker, adalah duta di Somerset Capital Partners Foundation dan sukarelawan dengan program untuk memerangi kesepian di antara orang tua. Dia sebelumnya bekerja sebagai awak kabin untuk KLM selama lima tahun.