Skullz, Grup Penyanyi Virtual Gabungan Spice Girls dan K-Pop
Skullz, grup band cewek pertama yang dibentuk di dunia. (foto: tangkapan layar)

Bagikan:

JAKARTA - Seorang penulis lagu asal Inggris, Peter Kirtley, baru-baru ini telah membentuk girl group  Skullz. Grup ini bukanlah sembarangan, namun grup penyanyi cewek yang dibuat lewat kecerdasan buatan (AI). Skullz akan merilis token non-fungible (NFT) daripada membuat single.

NFT adalah aset edisi terbatas yang dijual tanpa bentuk fisik apa pun melalui blockchain, yang secara efektif memberikan sertifikasi kepemilikan. Mereka dipuji sebagai cara untuk menjual karya seni dan aset digital.

Terinspirasi oleh Spice Girls dan K-pop, Skullz digambarkan sebagai trio pop emo dan band virtual interaktif pertama di dunia. Selain membentuk Skullz, Peter Kirtley, yang telah menulis hits untuk grup Hear'Say dan Sugarbabes, juga telah mendirikan label musik blockchain yang disebut Soundr.

Soundr, menandai aksi virtual interaktif yang hanya akan pernah ada di ruang virtual kolektif yang dikenal sebagai 'metaverse', menurut web sites label tersebut, https://skullzofficial.com/.

Skullz, akan mengadakan pesta peluncuran di metaverse akhir tahun ini. Semua single Skullz akan dimainkan melalui metaverse, yang hanya dapat diakses oleh penggemar melalui internet via game online. Metaverse ini bahkan tidak akan diputar di radio atau situs streaming seperti Spotify. Fans juga dapat membeli merchandise yang terkait dengan grup sebagai NFT.

Kirtley, yang memenangkan penghargaan Ivor Novello untuk penulisan lagu, muncul dengan ide untuk Skullz setelah putrinya diintimidasi dunia maya. Dia ingin semua girl grup memiliki tampilan 'alternatif, pemberontak', dengan karakteristik Asia untuk menarik penggemar K-pop Korea.

“Saya pikir 'bagaimana Anda bisa mengumpulkan Spice Girls abad ke-21 dalam metaverse yang dapat dinikmati oleh gadis remaja dengan pengalaman interaktif yang berarti?” kata Kirtley, yang pernah terlibat dalam video Boyzone, Dream.

Grup yang terdiri dari tiga anggota bernama Orkid, Sneeka dan Hyde ini akan dapat mengembangkan 'otak virtual' mereka melalui teknologi AI dan dengan bertemu penggemar di metaverse.

“Penggemar dapat bergaul dengan anggota band di belakang panggung di metaverse, mengambil selfie digital dengan mereka dan mempengaruhi lagu mereka dan pilihan pacarnya,” kata Kirtley. “Avatar dapat memperluas kosa kata mereka dan belajar berpikir dari interaksi dengan para penggemar,” kata Kirtley. 

Kirtley melihat masa depan di mana grup tersebut dapat ditampilkan dalam game online populer seperti Fortnite. 

"Kami saat ini menyaksikan perubahan besar menuju hiburan virtual karena budaya anak muda menggunakan game, bukan musik, untuk ekspresi dan interaksi sosial mereka," katanya.

Skullz, menawarkan pengalaman bermusik yang lain.   

“Musik, sebagai sebuah pengalaman, perlu membentuk hubungan yang lebih dalam yang otentik dan real-time. Kami sekarang melihat kelahiran metaverse - mengubah internet menjadi tempat yang dapat Anda kunjungi, sentuh, dan jelajahi,” tambahnya.

“Kami sangat senang Soundr, dan artis digital kami dapat menjadi bagian dari gerakan ini. Musik gamifying adalah hal yang kami sukai,” tutur Kirtley.

Soundr, yang menggunakan teknologi blockchain yang sama dengan Bitcoin dan cryptocurrency lainnya, didirikan oleh mantan eksekutif perusahaan rekaman John Black.

Label ini menggambarkan visinya sebagai berinvestasi di industri musik masa depan melalui keterlibatan, budaya dan teknologi,  yang memberikan penggemar kemandirian yang lebih besar atas grup yang mereka ikuti.

Soundr mengklaim memiliki empat aksi virtual lainnya yang masih dalam pengembangan, di 'segudang genre' musik. Avatar Skullz sendiri akan selesai pada bulan Agustus dan grup secara resmi diluncurkan pada akhir tahun ini.

Terkait