Zoom Luncurkan Fitur Baru, Peserta Terlambat Kini Bisa Ketahuan!
Berkat fitur baru Zoom, host maupun admin dapat mengetahui siapa saja yang terlambat hadir. (foto: Dok. Zoom)

Bagikan:

JAKARTA - Tidak jarang didapati peserta kerap kali terlambat menghadiri meeting virtual di aplikasi Zoom, dan sebagai host tak dapat mengetahui siapa saja peserta yang terlambat.

Kini berkat fitur baru Zoom, host maupun admin dapat mengetahui siapa saja yang terlambat hadir. Fitur ini akan membantu memastikan pengguna datang ke rapat tepat waktu.

Saat ini masih banyak pekerja, dan pelajar yang menerapkan sistem jarak jauh dengan mengandalkan aplikasi seperti Zoom untuk rapat dan belajar virtual. Aplikasi ini mungkin akan segera terbukti lebih bermasalah bagi mereka yang cenderung menghadiri rapat pada menit terakhir.

Zoom mengonfirmasi bahwa pihaknya memperkenalkan fitur “Status Kehadiran” yang terintegrasi dengan kalender Google atau Outlook, untuk melihat apakah undangan telah diterima (atau ditolak) dan apakah orang tersebut telah bergabung dalam rapat atau belum, seperti dikutip dari Screentrant, Senin, 6 Desember.

Mereka yang belum bergabung dalam panggilan akan terlihat di bawah daftar baru "Tidak Bergabung" di tampilan Peserta. Meski begitu, fitur itu kini masih dalam versi beta dan hanya berlaku untuk akun gratis.

Zoom mengatakan akan meluncurkan “Status Kehadiran” ke lebih banyak akun dalam beberapa bulan mendatang. Ini benar-benar fitur yang berguna bagi host dan admin untuk melacak siapa yang muncul dan siapa yang tidak.

Meskipun tidak menjadi masalah bagi mereka yang sering datang lebih awal ke rapat, ini bisa menjadi masalah bagi mereka yang terkadang terlambat beberapa menit ke rapat.

Untungnya, Status Kehadiran tidak memunculkan pemberitahuan pada host atau admin siapa yang terlambat. Untuk saat ini, jika ingin mengetahui siapa yang belum hadir, mereka harus melihat daftar Peserta untuk melihat siapa yang telah bergabung, yang belum, dan yang sedang menunggu untuk masuk ke dalam rapat.

Selain itu, semua peserta akan harus memiliki Zoom versi 5.8.0 atau yang lebih baru pada Mac dan Windows untuk mengaktifkan fitur tersebut. Fitur itu belum berfungsi untuk mereka yang menjalankan Zoom di iOS, Android, atau platform lainnya.

Sebagai informasi, Zoom telah meledak selama setahun terakhir berkat pandemi dan meningkatnya ketergantungan pada kerja jarak jauh dan pembelajaran. Di luar pekerjaan dan sekolah, Zoom juga terbukti menjadi cara populer bagi teman dan keluarga untuk tetap berhubungan saat tidak mungkin bertemu langsung.

Zoom juga telah membuat sejumlah perubahan baru-baru ini. Misalnya, layanan ini sekarang menguji penggunaan iklan untuk pengguna gratis. Berbarengan juga dengan meluncurkan kemampuan pembatasan panjang panggilan Zoom, ini adalah beberapa cara layanan terlihat untuk memberi insentif kepada pengguna untuk meningkatkan ke langganan berbayar.