Zoom Tambahkan Fitur Baru untuk Menghalau <i>Zoombombers</i>
Ilustrasi (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Zoom menggulirkan fitur baru untuk mengamankan jalannya video teleconference. Fitur memungkinkan pengguna untuk menjeda rapat sesaat untuk mengeluarkan peserta yang mengganggu.

Sebagaimana dikutip dari Tom's Guide, Selasa, 17 November, penggunaan aplikasi konferensi video Zoom meningkat selama masa pandemi COVID-19. Tak sedikit pula orang iseng yang kerap menggganggu jalannya pertemuan Zoom dengan aksi Zoombombing atau Zoombombers.

"Zoom merilis dua fitur keamanan baru akhir pekan ini untuk menghapus dan melaporkan peserta rapat yang mengganggu. Kami juga ingin berbagi informasi tentang alat internal yang kami gunakan untuk membantu mencegah gangguan rapat sebelum terjadi," ujar Security & Privacy PR Lead, Matt Nagel, dalam unggahan di blog resmi Zoom.

Dengan fitur keamanan baru Zoom, pengguna kini dapat menghentikan sementara rapat untuk memblokir konten buruk, dan juga melaporkan Zoombomber ke Zoom. Caranya dengan menekan ikon Security saat melakukan panggilan, lalu pilih "Suspend Participant Activities", setelahnya semua obrolan, video, audio, anotasi, berbagi layar dalam rapat akan dijeda secara otomatis.

Selanjutnya, Zoom akan bertanya pada moderator host dan co-host untuk mengetahui apakah ada peserta rapat yang ingin dilaporkan. Jika memang ada tim keamanan Zoom akan menghapus dan mengeluarkan peserta tersebut dari rapat. 

Tidak hanya penyelenggara rapat, yang dapat melaporkan Zoombombers, kini peserta rapat juga dapat melaporkan pengguna yang mengganggu dengan mengeklik lencana Keamanan di kiri atas.

Setelahnya moderator, kemudian dapat melanjutkan pertemuan dan mengaktifkan kembali fitur yang ingin mereka gunakan. Zoom mengatakan fitur baru ini diaktifkan secara default untuk semua pengguna gratis dan berbayar, tersedia pula untuk Mac, PC, dan Linux, serta aplikasi seluler Zoom.

Sejauh ini, Zoom memang telah melakukan perbaikan besar-besaran di sektor keamanan platformnya. Termasuk meningkatkan beberapa kemampuan dan fitur Zoom untuk mengakomodir ruang pertemuan secara maksimal dalam keperluan belajar maupun bekerja.