Zoom Meeting Punya Fitur Baru yang Bisa Lihat Peserta Terlambat Gabung
Zoom Meeting Punya Fitur Baru yang Bisa Lihat Peserta Terlambat Gabung (Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Zoom Meeting meluncurkan fitur yang membuat host di ruang pertemuan bisa melihat peserta yang terlambat hadir atau bergabung.

Seperti diketahui aplikasi video conference tersebut menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan dalam beberapa tahun terakhir untuk kegiatan rapat maupun belajar mengajar.

Tidak ingin kehilangan pengguna setia, Zoom Meeting melakukan banyak inovasi salah satunya adalah membuat fitur Attendance Status, yang dapat mengetahui berapa lama peserta tertentu hadir di dalam rapat.

Fitur tersebut dapat digunakan oleh host meeting, dan bermanfaat untuk kegiatan belajar mengajar atau sekolah. Pasalnya, guru yang menjadi host bisa mengetahui siapa saja muridnya yang terlambar hadir dan tidak mengikuti kelas sejak awal.

Status kehadiran peserta dibagi ke dalam dua kategori, yang terdiri dari peserta yang sudah hadir ditandai dengan "Joined" dan peserta yang belum bergabung dalam waktu yang ditentukan masuk dalam kategori "Not Joined".

Selain itu, fitur Attendance Status sudah terintegrasi dengan Google Calendar dan Outlook Calendar, sehingga host dapat mengirim undangan melalui 2 layanan tersebut serta mengetahui status kehadiran peserta.

Nantinya, peserta yang mendapat undangan rapat online melalui Google Calender atau Outlook Calender, dapat mengonfirmasi status kehadiran mereka ke dalam rapat yang sudah dibuat oleh host.

Status peserta pun bakal muncul di bawah nama akun mereka di Zoom antara lain Accepted, yang berarti menerima undangan, Declined yang berarti tidak bisa hadir, Maybe dan No Response.

Bagi peserta yang bersedia bergabung ke dalam rapat yang sudah dibuat menggunakan Zoom akan masuk ke dalam kategori Waiting Room. Mereka dapat bergabung apabila host sudah menerima kehadiran mereka dengan menekan menu "Admit".

Namun, host juga bisa menolak kehadiran peserta yang telah diundang apabila dalam waktu yang ditentukan belum menerima atau menekan ikon Accepted pada undangan yang diberikan. Caranya, host dapat menekan menu Remove di bagian bawah akun peserta yang ada di Waiting Room.

Dengan demikian, host dapat mengetahui siapa saja peserta yang hadir ke dalam Zoom Meeting yang telah dibuat dan siapa saja yang tidak hadir, dan terlambat hadir.

Fitur tersebut pun sangat bermanfaat bagi banyak orang, terutama untuk guru dalam upaya melakukan kegiatan belajar mengajar dengan lancar. Pasalnya, kehadiran peserta cukup penting dalam kegiatan sekolah terutama untuk mengetahui materi yang disampaikan.

Sayangnya, fitur tersebut baru tersedia dalam aplikasi Zoom versi Beta, dan masih digunakan secara terbatas. Namun, pihak Zoom berjanji untuk segera merilis fitur Attendence Status bagi semua pengguna secara gratis