Spotify Akuisisi FindAway untuk Menjadi Toko Serba Ada di Dunia  Musik
Spotify terus merambah bisnis audio ke seluruh dunia. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA –Spotify telah memperluas kehadirannya di ruang audio selama beberapa tahun terakhir dengan upayanya ke podcasting. Kini Spotify juga telah mengumumkan bahwa mereka akan mengakuisisi perusahaan buku audio FindAway. Bahkan, Spotify Hi-Fi akan datang pada akhir tahun ini, atau sebentar lagi.

Spotify adalah layanan streaming musik super populer yang disukai banyak orang. Spotify populer karena menawarkan langganan secara gratis dan berbayar dan memiliki platform sosial yang besar. Dengan tambahan podcast (bahkan video), Spotify telah menjadi toko serba ada untuk audio bagi banyak orang.

Nah, tujuan Spotify untuk mengambil alih industri audio adalah mengambil langkah maju. Perusahaan mengumumkan bahwa mereka akan mengakuisisi distributor buku audio FindAway dengan jumlah yang tidak diungkapkan.

Di permukaan, itu mungkin tidak tampak seperti masalah besar. Bagus, Spotify akan menawarkan buku audio kepada pelanggan. Tapi itu jauh lebih dari itu, dengan akuisisi tersebut, Spotify sekarang menjadi tempat di mana para pembuat konten dapat mulai membuat buku audio.

FindAway Voices, sesuai situs resmi FindAway, "memberi penulis akses ke jaringan penjual buku audio terbesar di dunia dan semua yang mereka butuhkan untuk membuat buku audio berkualitas tinggi." Selain membantu pembuat konten, FindAway juga merupakan penerbit dan distributor besar buku audio.

Spotify Jajaki Hosting Konser Langsung

Sementara tidak ada perusahaan yang mengomentari implikasi masa depan dari kesepakatan itu, Spotify yang memiliki salah satu distributor buku audio terbesar di dunia memberi layanan streaming keuntungan besar.

Selain memudahkan untuk membuat, memproduksi, dan menerbitkan buku audio, Spotify secara teoritis dapat meminta harga yang lebih rendah untuk dirinya sendiri karena memiliki rantai pasokan.

Namun, pengumuman itu tidak mengejutkan. Spotify ingin menjadi toko serba ada untuk semua hal audio untuk sementara waktu. Perusahaan yang mengakuisisi distributor buku audio membawa Spotify lebih dekat dari sebelumnya ke tujuan itu.

Berbekal musik, podcast, dan buku audio, Spotify sekarang menawarkan hampir semua hal yang diinginkan seseorang dalam hal audio. Dengan semua fitur sosial, daftar putar algoritmik, podcast, putar otomatis, dan sekarang buku audio di bawah ikat pinggang mereka, Spotify akan menjadi kekuatan sejati yang harus diperhitungkan.

Spotify sudah menawarkan sejumlah kecil buku audio kepada pengguna hari ini, dan akan menarik untuk melihat apakah Spotify akan menaikkan harga buku audio atau apakah itu akan diperhitungkan dalam harga premium standar.