Glass Beams Curi Atensi Lewat Single dan EP Terbaru, 'Mahal'
Glass Beams (Photo Credit Sulaiman Enayatzada)

Bagikan:

JAKARTA - Band asal Australia, Glass Beams baru saja merilis EP terbaru mereka berjudul ‘Mahal’. Mini album ini disambut positif lewat single utama yang sudah mencapai 5 juta stream di berbagai platform streaming, berjudul sama seperti EP-nya.

Single ini mencuri perhatian para penikmat musik di berbagai belahan dunia berkat video cuplikan di Instagram yang menampilkan mereka membawakan single itu. Video itu kini telah mendapatkan 1.4 juta like. Sementara itu, video versi lengkapnya berhasil mengumpulkan lebih dari 2.6 juta view di YouTube.

Glass Beams juga berhasil menembus angka 1 juta monthly listeners di Spotify. Angka follower Glass Beams di media sosial pun meroket. Sebanyak lebih dari 500 ribu followers baru mereka raih secara organik di Instagram.

Karya-karya Glass Beams menjadi titik di mana Timur dan Barat bertemu. Tempat di mana tradisi dan modernitas bertemu. Hasilnya adalah perpaduan kultur dan bunyi-bunyian yang timeless, disajikan lewat instrumentasi serba live dan musik elektronika berformat DIY (do it yourself). Semuanya dikemas dengan visual serba mistis dan memukau ciptaan mereka.

EP pertama Glass Beams, ‘Mirage’, yang dirilis pada 2021 menarik perhatian para penikmat musik di berbagai belahan dunia lewat lagu-lagu bernuansa psikedelik yang ditemukan lewat media sosial, layanan streaming, atau pun dari mulut ke mulut. Rilisan fisik vinyl untuk EP itu pun habis terjual secara cepat.

Tak lama bagi mereka untuk akhirnya diundang ke berbagai festival musik ternama di seluruh dunia termasuk Joyland Festival 2023 Jakarta di mana mereka berbagi panggung dengan musisi-musisi ternama dunia seperti Interpol, Bloc Party, Fleet Foxes, Mew, dan Alvvays. Di atas panggung, Glass Beams membawakan EP ‘Mirage’ dalam berbagai versi yang serba hipnotik dan juga materi-materi yang belum dirilis berdurasi sekitar 20 menit.

Rekaman video dari materi-materi yang sebelumnya masih belum dirilis pun viral di media sosial dan berhasil mendapatkan jutaan view. Hari ini, materi-materi itu dapat didengarkan lewat EP ‘Mahal’.