Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam pada putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis, 21 Maret 2024. Skuad Garuda diharuskan menang mengingat bertaburnya pemain naturalisasi di tim merupakan modal mewah.

Hal tersebut disampaikan oleh pengamat sepak bola, Akmal Marhali. Katanya, peluang Timnas Indonesia untuk meraih hasil positif terbuka lebar. Apalagi Skuad Garuda kini mentereng dengan kehadiran pemain-pemain naturalisasi .

Akmal Marhali juga mengatakan selain aspek komposisi pemain yang kini terbilang mentereng, Shin Tae-yong juga harus bisa membuktikan tangan apiknya. Soalnya, sejauh ini sang pelatih juga terus difasilitasi dalam membina skuad.

"Kalau ditanya, kita harus menang atas Vietnam," kata Akmal Marhali dalam keterangannya saat dihubungi, Rabu 20 Maret 2024.

"Dengan semua fasilitas mewah kepada Shin Tae-yong, ia mau pemain naturalisasi, pemain keturunan, diberikan yang diinginkan. Mau uji coba dengan segala tim besar, diberikan."

"Dengan semua kebutuhannya sudah diberikan, sekarang kita harus bisa membuktikan di lapangan, bisa menang lawan Vietnam dan itu harga mati yang tidak bisa ditawar," ujarnya lagi.

Jika melihat komposisi skuad yang diisi banyak pemain berpengalaman merumput di Eropa, mestinya Timnas Indonesia bisa lebih kuat dari Vietnam.

"Kalau separuh saja (pemain naturalisasi) yang diturunkan atau tak usah penuh di skuad, seharusnya sudah membuat kekuatan kita (Timnas Indonesia) melebihi Vietnam. Vietnam cuma kipernya yang punya darah keturunan," ujar Akmal.

Berdasarkan pengamatannya, Akmal Marhali memprediksi bahwa Timnas Indonesia bisa menang tanpa balas saat menghadapi Vietnam di SUGBK.

Main di kandang dengan dukungan penuh suporter langsung bisa jadi bahan bakar untuk melecut semangat Skuad Garuda.

"Skor 2-0 sudah bagus (bagi Timnas Indonesia). Jangan menang beruntung seperti di Piala Asia 2023, melalui gol penalti. Soalnya, kita sudah punya kelebihan," tuturnya.