Bagikan:

JAKARTA - RB Leipzig sukses menggeser Borussia Dortmund untuk merebut posisi empat klasemen Bundesliga Jerman. Leipzig merebut posisi di zona Liga Champions setelah pesta lima gol mengalahkan Koln 5-1 di pertandingan Bundesliga di Stadion RheinEnergie, Sabtu, 16 Maret 224 dini hari WIB.

Leipzig tersingkir di Liga Champions setelah gagal menghadang laju Real Madrid di babak 16 besar. Lewat pertarungan ketat, Leipzig kalah 2-1 dan kemudian bermain imbang 1-1 di kandang Madrid.

Kegagalan di kompetisi Eropa menjadikan Leipzig langsung fokus di kompetisi domestik. Hasilnya, mereka menang 2-0 ats Darmstadt 98 dan kemudian menghajar Koln yang bermain di kandang sendiri.

Kemenangan besar itu mengantarkan Leipzig ke peringkat empat dengan memiliki poin 49. Mereka unggul dua poin dari Dortmund yang baru bertanding melawan Eintracht Frankfurt, Minggu, 17 Maret 2024 malam WIB.

Sementara, Koln masih tertahan di papan bawah dengan menduduki peringkat 16. Memiliki poin 18, Koln berada di playoff degradasi.

Di pertandingan itu, gelandang Xavi Simmons membuka pesta gol Leipzig setelah membobol gawang tuan rumah di menit 15.

Namun keunggulan Leipzig tak bertahan lama. Koln berhasil menyamakan skor menjadi 1-1 setelah Sargis Adamyan menyambut umpan sundulan Eric Martel yang meneruskan bola dari sepak pojok. Skor itu bertahan sampai turun minum.

Di babak kedua, Leipzig sudah tidak terbendung. Namun mereka harus menunggu sampai menit 63 saat Lois Openda membawa Leipzig kembali unggul setelah menyelesaikan assist Simmons.

Tak lama berselang atau tepatnya tiga menit kemudian, pemain tim nasional Belgia ini mencetak gol keduanya yang mengubah skor menjadi 3-1.

Selanjutnya, Amadou Haidara memantapkan keunggulan Leipzig setelah mencetak gol lewat tendangan jarak jauh di menit 70.

Pemain pengganti Yussuf Poulsen mengakhiri pesta gol di menit 82. Skor menjadi 5-1 untuk Leipzig saat laga berakhir.

Pelatih Leizpig Marco Rose mengungkapkan kepuasannya bisa meraih kemenangan besar. Menurut dia tim juga bermain bagus di laga tersebut.

"Bila kami menjaga clean sheet tentu akan lebih baik. Tetapi secara keseluruhan saya sangat puas dan senang. Kami menunjukkan penampilan yang bagus di laga tandang," ucap Rose.

"Kami sepenuhnya menguasai permainan, terutama di babak kedua. Kami juga berhasil mencetak gol-gol apik," kata dia lagi.