Dejavu Sempurna Dortmund di Antara Haaland dan Aubameyang
Selebrasi Erling Haaland usai cetak gol ke gawang Augsburg (Instagram/@bvb09)

Bagikan:

JAKARTA - Erling Haaland tak salah memilih Borussia Dortmund sebagai pelabuhannya musim ini. Bagi Dortmund, apalagi. Dortmund macam alami dejavu kala striker terbaik mereka, Pierre-Emerick Aubameyang merumput pertama kali dengan kostum kuning hitam.

Dortmund masih tertinggal 1-3 dari Augsburg ketika menit berada di angka 53. Kesulitan dengan keadaan, Lucian Favre kemudian memasukkan Haaland.

Keputusan yang amat baik. Tiga menit di lapangan, Haaland langsung mencetak gol dengan memanfaatkan umpan sayap Inggris Jadon Sancho. Kedudukan 2-3.

Selanjutnya, Sancho sendirilah yang mencetak gol pada menit ke-61. Haaland tak berhenti. Menit ke-70, Haaland kembali cetak gol dengan umpan dari Thorgan Hazard. Keadaan berbalik.

Debut Haaland sempurna di menit 79. Umpan Marco Reus berhasil dimanfaatkan Haaland menjadi gol. Skor 5-3 untuk Dortmund bertahan hingga laga usai. Seluruh hattrick dicetak Haaland dalam waktu 20 menit.

Haaland bolehlah jadi harapan publik Signal Iduna Park. Pemain 19 tahun didatangkan dengan harga 17,1 juta euro, bulan lalu dengan catatan 28 gol dalam 22 penampilan bersama RB Salzburg.

Di jendela transfer, pemuda Norwegia itu laris manis. Sebelum Dortmund, raksasa Inggris Manchester United bahkan telah jauh lebih dulu memepet Haaland.

Kemenangan ini membawa Dortmund naik ke posisi keempat klasemen sementara Liga Jerman dengan perolehan 33 poin. Di posisi puncak, RB Leipzig perkasa dengan poin 40, berjarak lima poin dari pesaing terdekatnya, Borussia Monchengladbach.

Yang paling menarik, Haaland berhasil menyamai catatan yang sempat ditoreh Aubameyang pada 2013 silam kala jalani debut. Menariknya, Haaland maupun Aubameyang sama-sama catatkan rekor itu dengan lawan Augsburg. Dejavu sempurna.