Nasib Naturalisasi Shayne Pattinama yang Tak Juga Rampung
Calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Shayne Pattynama. (FOTO/INSTAGRAM @s.pattynama)

Bagikan:

JAKARTA - Direktur Teknik (Dirtek) PSSI, Indra Sjafri membeberkan alasan mengapa proses naturalisasi Shayne Pattinama belum juga rampung. Padahal ia tinggal menjalani sumpah Warga Negara Indonesia (WNI) menyusul Keputusan Presiden (Keppres) yang sudah turun.

Seperti diketahui, Shayne Pattinama masuk dalam daftar empat calon pemain naturalisasi untuk timnas Indonesia. Ia bergabung dengan Hubner, Ivar Jenner, serta Rafael Struick yang diplot memperkuat timnas U-20.

Untuk proses naturalisasi Shayne sendiri telah memasuki tahap akhir. Pemain berusia 24 tahun itu tinggal menjalani sumpah di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) untuk menjadi WNI.

Namun langkah itu masih belum pasti kapan dilakukan. Indra Sjafri menjelaskan, saat ini PSSI masih menunggu waktu yang tepat untuk Shayne datang ke Indonesia.

Pasalnya Shayne masih merumput di klub Norwegia, Viking FK yang juga masih aktif dalam kompetisi. Bahkan pada Kamis, 19 Januari malam nanti Viking FK juga akan menjalani pertanding.

PSSI hanya dalam posisi masih menunggu konfirmasi dari pihak Shayne untuk kembali ke Indonesia.

“Menunggu waktu Shayne (Pattynama) untuk bisa kesini. Nanti saya coba tanyakan,” ujar Indra Sjafri kepada awak media termasuk VOI.

Di sisi lain, naturalisasi tiga pemain juga berjalan lancar dan tidak ada lagi penambahan nama. Namun sempat muncul kekhawatiran proses akan terganggu mengingat saat ini PSSI tengah dalam proses pergantian Ketua Umum. 

Namun Indra Sjafri memastikan, proses naturalisasi ini tidak akan mengalami masalah meski jabatan Ketua Umum PSSI nantinya berganti. Pasalnya, untuk proses naturalisasi ini sudah dilakukan dan tinggal menunggu langkah-langkah selanjutnya dari pemerintah.

“Sudah diproses dan tidak akan terganggu. Tidak ada tambahan nama lagi sejauh ini, cuma tiga itu untuk naturalisasi timnas U-20 Indonesia,” tuturnya.