DPR Setujui Permohonan Naturalisasi Syane Pattynama Jadi Pemain Timnas Indonesia
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali (kedua kanan), Wamenkumham Edward Hiariej (kedua kiri), dan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kanan)/ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Komisi X DPR RI menyetujui permohonan naturalisasi Shayne Pattynama, yang diproyeksi menjadi calon pemain Timnas Indonesia dalam Rapat Kerja bersama Menpora Zainudin Amali dan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan di Gedung DPR, Jakarta, Selasa, 8 November.

"Komisi X DPR RI memutuskan menyetujui rekomendasi kewarganegaraan RI atas nama Shayne Elijan Jay Pattynama, dengan catatan bahwa penetapan kewarganegaraan RI ditetapkan oleh instansi yang berwenang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku," ujar Wakil Ketua Komisi X Hetifah Sjaifudian, selalu pimpinan rapat. 

Awalnya, Menpora Zainuddin Amali, mengatakan PSSI telah menyerahkan bahan kajian bahwa Shayne Elijan Jay Pattynama belum pernah membela tim nasional negara lain, dengan level pertandingan internasional sehingga tidak terkendala Pasal 8 ayat 1 Statuta FIFA. 

Dikatakan Amali, Kementerian Sekretariat Negara mensyaratkan bahwa dalam hal pemberian usulan naturalisasi, Kemenpora diwajibkan untuk membuat kajian komprehensif yang berhubungan dengan urgensi dan kepentingan dari pemberian naturalisasi tersebut.

"Ibu pimpinan itu secara yuridis menjadi dasar pengajuan permohonan kewarganegaraan atas nama Shayne Elijan Jay Pattynama," kata Amali. 

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan atau Iwan Bule, mengatakan pihaknya mengajukan permohonan naturalisasi Shayne berdasarkan permintaan dari pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong (STY) bersama Sandy Walsh dan Jordi Amat.

"Perlu kami laporkan, keinginan naturalisasi bukan dari PSSI, tapi dari STY. Kami hanya mengakomodasi pemain naturalisasi yang diminta oleh pelatih Timnas. Ada dua pemain yang sudah ketuk palu (Walsh dan Amat), mereka sedang menunggu tanda tangan dan pengambilan sumpah," jelas Iwan Bule.

Iwan menuturkan, Shayne merupakan pemain sepakbola kelahiran Belanda berdarah Maluku. Shayne akan dipersiapkan PSSI untuk tampil di Piala AFF 2022. 

"Kita sudah pelajari betul kelebihan pemain yang ingin dinaturalisasi. Shayne Pattynama ayahnya dari Maluku Tengah dan lahir di Semarang. Posisi utamanya main di bek kiri, bisa juga di gelandang dan sayap kiri, kaki utamanya kiri," kata Iwan Bule.

Menanggapi persetujuan DPR, Shayne yang hadir dalam rapat secara online mengaku tidak sabar untuk segera memperkuat Timnas Indonesia.

"Terima kasih banyak, saya sangat antusias dengan masa depan sepak bola Indonesia. Saya adalah pemimpin besar, saya ingin berkontribusi untuk Timnas indonesia," ungkap Shayne.