Komisi X DPR Beri Lampu Hijau, Iwan Bule: Semoga Garuda Bisa Segera Bersarang di Dada Shayne Pattynama
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan (kedua dari kiri depan). (Foto: Dok. PSSI)

Bagikan:

JAKARTA — Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berharap proses naturalisasi Shayne Pattynama bisa berjalan mulus setelah mendapatkan persetujuan dari Komisi X DPR. 

Shayne Pattynama hadir secara virtual dalam rapat kerja (Raker) Komisi X pada Selasa, 8 November 2022. Rapat itu pun menyetujui pemberian Kewarganegaraan Republik Indonesia kepada sang pemain.

"Alhamdulillah, Komisi X DPR RI telah menyetujui permohonan naturalisasi Shayne Pattynama. Semoga proses-proses berikutnya berjalan dengan lancar sehingga Garuda dapat segera bersarang di dada Shayne Pattynama," tulis Iriawan di Instagram, dilasir Selasa, 8 November.

Shayne merupakan salah satu dari tiga pemain keturunan yang akan diambil sumpah untuk menjadi warga negara Indonesia. Dua nama lain adalah Jordi Amat dan Sandy Walsh, yang juga sudah melalui rapat di DPR.

Jika proses lancar, Shayne, Jordi, dan Sandy kemungkinan bisa membela timnas Indonesia di Piala AFF pada Desember nanti.

"Sekali lagi, saya mengucapkan terima kasih kepada Menpora Bapak Zainudin Amali dan seluruh teman-teman Komisi X DPR RI yang telah menaruh perhatian terhadap proses naturalisasi Shayne," kata sosok yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Kehadiran Shayne sangat dibutuhkan oleh pelatih timnas Indonesia Shin Tae Yong. Pengalaman sang pemain bermain di kompetisi Eropa diharapkan bisa melengkapi celah yang kosong di dalam skuad Garuda.

Saat ini Shayne bermain di Liga Norwegia bersama Viking FK. Shayne sudah mencatatkan 26 enam penampilan sejak dikontrak dari musim 2021. Di sana Shayne Pattynama berhasil mencatatkan dua gol meski bermain sebagai posisi bek.