Piala AFF 2022 Sudah di Depan Mata, PSSI Ingin Kebut Naturalisasi Jordi Amat, Sandy Walsh dan Shayne Pattynama
Jordi Amat (kanan) dan Sandy Walsh (kiri) tinggal mengucapkan sumpah WNI.(Foto: Dok PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - PSSI telah mengajukan tiga nama untuk dinaturalisasi menjadi pemain Timnas Indonesia. Mereka adalah Jordi Amat, Sandy Walsh dan Shayne Pattynama.

Jordi dan Sandy tinggal menunggu pengucapan sumpah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI). Sementara Shayne baru mendapat restu dari Komisi X DPR RI, Selasa, 8 November 2022.

PSSI berharap, proses naturalisasi ketiganya bisa selesai bersamaan pada November ini. Harapannya, mereka sudah bisa membela TimnS Indonesia di ajang Piala AFF 2022 yang dimulai Desember mendatang.

Untuk mewujudkan hal itu, PSSI akan berkomunikasi dengan Kementerian Hukum dan HAM.

"Kami berharap sama-sama agar bisa sekaligus. Mereka bertiga pemain yang disiapkan untuk barisan belakang (tim nasional Indonesia). Mudah-mudahan tanggal 15 November sudah selesai," ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, seperti dikutip dari Antara.

Menurut Iriawan, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong berharap Jordi, Sandy dan Shayne sudah bergabung dalam pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022.

Pelatih asal Korea Selatan itu disebut sudah punya kerangka lini belakang untuk Skuad Garuda. "Shin Tae-yong sudah menyimulasikan dengan saya bagaimana barisan belakang timnas," ujar pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Timnas Indonesia akan memulai TC persiapan Piala AFF 2022 pada 28 November 2022. Namun, lokasinya masih tanda tanya.

Sementara itu, Piala AFF 2022 digelar pada 20 Desember 2022 sampai 16 Januari 2023. Indonesia berada dalam Grup A Piala AFF 2022 bersama juara bertahan Thailand, Filipina, Kamboja dan pemenang kualifikasi antara Brunei Darussalam dan Timor Leste.