Daftar Pemain Naturalisasi Indonesia Terbaru yang Kemungkinan Besar Bela Timnas di Piala AFF 2022
Shin Tae-yong (DOK PSSI)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tim Nasional Tanah Air akan memperkuat diri dengan kehadiran beberapa pemain naturalisasi Indonesia. Pelatih Timnas, Shin Tae-yong, juga telah memastikan beberapa nama pesepak bola naturalisasi akan memperkuat skuadnya saat berlaga di Piala AFF 2022.

Daftar Pemain Naturalisasi Indonesia

Seperti yang diketahui, Piala AFF 2022 akan digelar mulai 20 Desember 2022 hingga 23 Januari 2023. Berdasarkan hasil undian, Indonesia akan berada di Grup A bersama Thailand. Selain itu akan tergabung dengan Filipina, Kamboja, dan pemenang kualifikasi Piala AFF 2022, yakni antara Brunei Darussalam dan Timor Leste.

Untuk menghadapi negara tersebut, pelatih Shin Tae-yong melakukan naturalisasi pemain. Adapun pemain tersebut adalah sebagai berikut.

1. Jordi Amat

Pemain naturalisasi asal Spanyol ini cukup dinanti di Indonesia. Saat ini Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI juga sudah memberikan izin proses naturalisasi untuk beberapa pemain, termasuk Jordi Amat. Saat ini pemain usia 30 tahun itu bermain untuk klub Malaysia, Johor Darul Tazim.

2. Stefano Lilipaly

 

 

 

Selain itu ada Stefano Lilipaly yang dinaturalisasi dari Belanda. Namanya memang cukup akrab di telinga pencinta sepak bola Tanah Air. Ia sering dipercaya Shin Tae-yong untuk mendongkrak performa squad Garuda. Ia juga sempat bermain untuk Borneo FC.

3. Marc Klok

 

 

 

 

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Pemain naturalisasi ini lagi-lagi dipercaya oleh pelatih Shin. Ia juga pernah bermain di Timnas Indonesia. Kontribusi Marc Klok juga telah diakui oleh pelatih meski belum pernah mencicipi kemenangan. Permainannya terbukti dari laga yang diikuti bersama Timnas sebelumnya.

4. Sandy Walsh

 

 

 

 

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

 

 

 

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI juga telah menyetujui naturalisasi atas Sandy Walsh. Pemain berusia 27 tahun itu berkebangsaan Belgia. Saat ini ia membela klub KV Mechelen, Belgia. Kehadiran Sandy Walsh di timnas RI bahkan mendapat sorotan dari media asing Vietnam.

5. Lee Yu-jun

 

 

 

 

 

Lihat postingan ini di Instagram

Lee Yu-jun saat ini berkewarganegaraan Indonesia. Ia bahkan mengurus sendiri perpindahannya karena ia sudah tinggal lama dan menikahi perempuan asli Indonesia. Pemain Madura United ini berdarah Korea Selatan.

6. Shayne Pattynama

 

 

 

 

 

Lihat postingan ini di Instagram

Pemain naturalisasi asal Belanda ini rencananya juga akan membela Timnas RI. Ia kemungkinan bisa bergabung dengan Timnas untuk berlaga di Piala AFF 2022. Meski proses naturalisasi masih berjalan, peluangnya dinilai cukup besar. Terlebih Liga Norwegia 2022 akan selesai tahun ini.

Kesiapan Indonesia di Piala AFF 2022

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menilai bahwa Timnas Indonesia siap menghadapi laga antarnegara Asia Tenggara tersebut. Ia juga meyakini timnya akan membalas kekalahannya melawan  Thailand di Piala AFF. Meski demikian, pria yang akrab disapa dengan Irwan Bule itu meminta agar tim tak meragukan klub lain.

"Kekuatan semua negara di Asia Tenggara saat ini hampir mengalami perkembangan," jelasnya.

Di sisi lain, Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengakui bahwa Thailand akan menjadi lawan terberat di grup. Terlebih negara tersebut menjadi juara bertahan Piala AFF.

"Thailand tentu menjadi lawan paling kuat di grup. Meski begitu kami juga tetap waspadai semua lawan kita,"jelas Shin setelah mengetahui hasil undian, dikutip laman resmi PSSI.

Ia menjelaskan bahwa dirinya memilih pemain terbaik yang sudah siap, baik secara mental, kualitas, dan juga fisik.

Sedangkan hasil undian Piala AFF 2022 adalah sebagai berikut.

  • Grup A

Thailand

Filipina

Indonesia

Kamboja

Brunei/Timor Leste

  • Grup B

Vietnam

Malaysia

Singapura

Myanmar

Laos

Selain terkait pemain naturalisasi Indonesia, dapatkan informasi terbaru melalui  VOI.ID.