Deretan Pemain Naturalisasi yang Gagal Bersinar Bersama Timnas Indonesia
Pemain naturalisasi yang gagal bersinar bersama Timnas (Wikipedia)

Bagikan:

YOGYAKARTA - PSSI berulang kali mendatangkan pemain naturalisasi untuk memperkuat Timnas Indonesia. Tak tanggung-tanggung, pemain yang dipilih dalam program naturalisasi pun pernah berlaga di liga sepak bola Eropa. Namun sayangnya ada beberapa pemain naturalisasi yang gagal bersinar bersama Timnas. 

Program naturalisasi sudah dijalankan oleh PSSI sejak tahun 2010-an. Upaya mendatangkan pemain sepak bola keturunan Indonesia ini bertujuan untuk mendongkrak prestasi timnas di kancah internasional. 

Akan tetapi program naturalisasi tersebut tak selalu membuahkan hasil manis, karena sejumlah pemain naturalisasi gagal bersinar bersama timnas Garuda. 

Daftar Pemain Naturalisasi yang Gagal Bersinar Bersama Timnas Indonesia

Banyak penggemar sepak bola tanah air yang merasa kecewa dengan penampilan sejumlah pemain naturalisasi. Digadang-gadang bakal memberi warna baru dan meningkatkan daya gedor timnas, tapi tak sedikit pemain naturalisasi yang justru melempem dan tampil buruk. 

Meski memiliki pengalaman main bersama klub-klub di Liga Eropa, tapi sejumlah pemain naturalisasi justru belum bisa menyuguhkan aksi brilian saat membela Indonesia. Berikut ini daftar pemain naturalisasi yang gagal bersinar bersama Timnas Garuda:

Bio Paulin

Bio Paulin pernah menjadi pemain yang mencuri perhatian fans bola tanah air sebagai bek tangguh Persipura Jayapura. Bahkan pemain asal Kamerun ini pernah mengantarkan Persipura memenangkan juara Liga Indonesia 2008/2009 dan 2010/2011. 

Berkat aksinya yang memukau, Bio Paulin direkrut sebagai pemain naturalisasi untuk memperkuat Timnas Indonesia pada tahun 2015. Sayangnya Bio Paulin gagal menunjukkan aksi terbaiknya saat berseragam Merah Putih. Akhirnya ia jarang diminta untuk mengisi kesebelasan Timnas Indonesia. 

Tonnie Cusell

Tonnie Cusell juga masuk jajaran pemain naturalisasi yang gagal bersinar bersama Timnas Indonesia. Cusell mendapatkan paspor Indonesia pada tahun 2012 dan ikut membela Timnas Indonesia saat ajang Piala AFF 2012 yang diselenggarakan di Malaysia. 

Tonnie Cusell sempat melakoni penampilan di Liga Indonesia selama setahun usai menjalani Piala AFF. Ia pernah berseragam Barito Putera hingga tahun 2014. Pada tahun 2019, dirinya memutuskan gantung sepatu. Ia hanya mampu mengumpulkan empat caps untuk timnas Indonesia senior. 

Jhonny van Beukering

Pemain naturalisasi lainnya yang gagal jadi bintang bersama Timnas Indonesia adalah Jhonny van Beukering. Pemain kelahiran Belanda ini sebenarnya memiliki karier yang tidak buruk di negara asalnya. Ia pernah dua kali membantu klubnya memboyong juara di liga kasta kedua Belanda. 

Namun ketika didatangkan ke Indonesia pada tahun 2012, Jhonny van Beukering tak lagi menunjukkan performa memukau. Ia tidak berkontribusi banyak untuk Timnas Indonesia dalam laga di Piala AFF 2012. Jhonny hanya mampu menorehkan dua assist untuk tim merah putih, tanpa mengantongi gol. 

Sergio van Dijk

Sergio van Dijk sempat dielu-elukan bakal menjadi bintang Timnas Indonesia pada masanya. Banyak penggemar sepak bola tanah air yang menantikan aksi dari pemain yang pernah berlaga di Eropa ini. Van Dijk masuk plot sebagai ujung tombak tim merah putih pada Piala AFF 2014. 

Sayangnya Sergio van Dijk tampil buruk ketika ikut membela timnas dalam pra Piala Asia 2015. Selama memperkuat Timnas Indonesia, Sergio van Dijk hanya bisa mencetak satu gol dalam enam laga. 

Silvio Escobar

Salah satu pemain naturalisasi yang membuat kecewa pecinta sepak bola Indonesia adalah Silvio Escobar. Pemain kelahiran Paraguay ini bermain di liga Indonesia sejak tahun 2014. Ia sudah memiliki mengumpulkan pengalaman malang melintang di beberapa klub Liga 1. 

Silvio Escobar resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada tahun 2019. Namun pemain yang saat ini berusia 37 tahun tersebut belum pernah mengenakan seragam Timnas Indonesia. 

Guy Junior

Guy Junior juga menjadi pemain naturalisasi yang disoroti karena penampilannya yang melempem. Pemain yang berposisi sebagai penyerang ini berasal dari Kamerun. Ia sudah menjalani karier di kompetisi sepak bola tanah air sejak tahun 2015. Dirinya memutuskan menjadi WNI pada tahun 2016. 

Selama perjalanan kariernya, Guy Junior telah membela beberapa klub papan atas di Indonesia. Ia pernah merumput bersama PSM Makassar, PSS Sleman, Madura United, Borneo FC, Bhayangkara FC, dan saat ini berseragam Kalteng Putera. Namun penampilan bersama klub-klub tersebut belum membuatnya dipercaya untuk mengisi timnas Indonesia.

Demikianlah beberapa pemain naturalisasi yang gagal bersinar bersama Timnas Indonesia. Meski memiliki pengalaman bermain di liga Eropa, tidak selalu kedatangan pemain naturalisasi berhasil menyumbangkan prestasi. Baca juga profil Justin Hubner pemain naturalisasi yang pernah bermain di Liga Inggris. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.