Bagikan:

JAKARTA - Deretan pemain naturalisasi timnas Indonesia dipastikan bisa ikut berkontribusi dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Resmi berstatus Warga Negara Indonesia (WNI) mereka kini punya hak suara dalam gelaran pesta demokrasi lima tahunan.

Rafael Struick jadi pemain naturalisasi teranyar yang ada di timnas. Selepas merampungkan perpindahan warga negara pada Mei 2023, Struick kini memenuhi syarat untuk memberikan hak suaranya.

Bersama Struick, Ivar Jenner juga telah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai WNI. Dengan begitu kedua pemain ini jelas punya suara untuk ikut mencoblos. 

Saat ini, Struick dan Ivar Jenner sama-sama menetap di Belanda lantaran bermain untuk klub domestik, ADO Den Haag dan FC Utrecht. 

Di Indonesia, Pemilu diselenggarakan serentak pada 14 Februari. Namun posisi Struick dan Jenner yang berdomisili di luar negeri membuat mereka seharusnya mengikuti proses Pemilu di KBRI setempat yang biasanya digelar lebih dulu. 

Meski belum menunjukan kegiatan terkait Pemilu, tapi secara formal Rafael Struick dan Ivar Jenner sudah memenuhi syarat untuk ikut memberikan hak suara.

Berbeda dengan Rafael Struick dan Ivar Jenner yang belum menunjukan kegiatan nyoblos mereka dalam Pemilu 2024, pemain naturalisasi lainnya yaitu Sandy Walsh justru begitu antusias. 

Wals yang juga sudah berpaspor Republik Indonesia begitu bersemangat menggunakan hak suara perdananya sebagai WNI di KBRI di Belgia. Pada 11 Februari lalu, Wals yang berdomisili di Brussels karena tengah membela klub KV Mechelen menunjukan momen saat ia memberikan hak suara untuk pertama kali. 

Bersama dengan rekan satu tim di timnas, Marselino Ferdinan, Sandy Walsh mendatangi KBRI di Belgia untuk nyoblos. Tampil dengan balutan batik berwarna gelap, Wals sempat mengajak para WNI untuk tak lupa memberikan hak suara.

“Ayo nyoblos ke TPS,” seru Sandy Walsh sambil menunjukan jari bertanda tinta biru sebagai tanda telah memberikan hak suara. 

Antusiasme dalam Pemilu juga ditunjukan pemain naturalisasi senior andalan timnas, Marc Klok. Pemain yang merumput untuk Persib Bandung itu bakal menggunakan hak suara pertamanya di tahun ini.

Marck yang ber KTP Bali bahkan sempat mengungkap keinginan bisa mencoblos di Bandung, sebagai lokasi tempatnya berdomisili saat ini. 

 

Menyandang status WNI sejak November 2020, Klok juga punya banyak harapan terhadap pemimpin baru Indonesia. Klok berharap Indonesia bisa lebih baik lagi kedepannya.

“Bagi saya yang terpenting adalah Indonesia saat ini sedang dalam proses meningkat dan semuanya semakin membaik. Dari ekonomi, lalu sepak bola juga menjadi lebih bagus,” ucap Klok dikutip dari situs resmi Persib Bandung.

Selain Rafael Struick, Ivar Jenner, Sandy Walsh dan Marc Klok sejumlah pemain naturalisasi seperti Elkan Baggott, Jordi Amat, Shayne Pattynama, hingga Justin Hubner, secara formal juga telah memenuhi syarat untuk berpartisipasi dalam Pemilu dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.