Laga Pertama 16 Besar Liga Champions: Mbappe Kembali, PSG Diunggulkan Lawan Sociedad
Bintang Paris Saint-Germain Kylian Mbappe kembali bermain menghadapi Real Sociedad di Liga Champions. (X/@PSG_Inside)

Bagikan:

JAKARTA - Pemain depan Kylian Mbappe kembali menjadi andalan Paris Saint-Germain saat menghadapi Real Socieded di laga pertama 16 besar Liga Champions di Stadion Parc des Princes, Kamis, 15 Februari 2024 dini hari WIB. Mbappe sendiri tak diturunkan saat PSG menang 3-1 atas Lille.

Laga melawan Lille sesungguhnya tak mudah bagi PSG. Apalagi, Lille berada di papan atas klasemen Ligue 1 Prancis. Namun PSG mampu mengatasinya meski tanpa Mbappe.

Ya, Mbappe yang telah mengoleksi 30 gol selama 29 pertandingan di berbagai kompetisi tidak dimainkan meski duduk di bench. Dirinya baru pulih dari cedera engkel yang dialaminya saat PSG mengalahkan Brest 3-1 di Coup de France atau Piala Prancis.

Meski sudah pulih, pelatih Luis Enrique memilih membangkucadangkan Mbappe. Kapten tim nasional Prancis ini akan kembali menjadi starter di laga krusial melawan Sociedad.

"Bila tim punya pemain selevel Kylian Mabppe, maka makin sering dia bermain, tim akan semakin baik. Jelas itu tak diragukan," kata Enrique saat menyinggung peluang Mbappe di laga pertama babak 16 besar ini.

"Dia bisa saja dimainkan di laga sebelumnya. Tetapi itu bukan laga final. Jadi, dia tak perlu bermain karena tak sepadan dengan risikonya. Mbappe jelas bisa dimainkan di laga tersebut seperti yang lain," ujarnya.

Pelatih asal Spanyol yang pernah sukses mengarsiteki Barcelona ini menaruh harapan Mbappe bisa membawa PSG meraih kemenangan di laga pertama ini. Apalagi Les Parisiens bermain di kandang sendiri sehingga mereka harus bisa memaksimalkan keuntungan tersebut.

Enrique berharap tim sepenuhnya fokus dan tidak terganggu dengan Mbappe yang bakal meninggalkan PSG di akhir musim.

Kebetulan lagi, Mbappe masih belum pasti akan pergi karena kepindahannya ke klub lain, khususnya Real Madrid, masih menjadi saga. Termasuk kemungkinan ini menjadi laga terakhir dia bersama PSG di Liga Champions.

"Kemungkinan menjadi laga terakhir dia? Tidak. Saya tidak merasakan sedih atau suka cita. Ini laga seperti lainnya," ujar Enrique.

Ya, mantan pelatih timnas Spanyol ini ingin tim fokus memenangkan pertandingan. Bukan karena apa, Sociedad jelas sangat diperhitungkan Enrique. Sebagai tim La Liga Spanyol, Enrique tahu Sociedad bukan lawan yang bisa dianggap enteng.

Apalagi mereka secara mengejutkan baru saja kalah 1-0 lawan Osasuna di kompetisi domestik di laga akhir pekan.

Meski saat ini tertahan di peringkat tujuh di liga, namun Takefusa Kubo dkk justru bermain cemerlang d Liga Champions. Mereka tak terkalahkan dan mengungguli Inter Milan sehingga bisa menjadi juara grup.

"Sociedad memiliki pertahanan yang sangat kuat di Liga Champions. Mereka tidak gampang kehilangan bola. Kami harus bermain agresif untuk menekan mereka," kata Enrique.

"Mereka merupakan salah satu tim terbaik di Liga Champions. Tak heran bila mereka bisa lolos dengan menjadi juara grup. Tim juga ditangani pelatih terbaik. Imanol [Alguacil] merupakan sosok pelatih hebat," ucapnya.

Enrique sendiri tak melakukan banyak perubahan pada skuat. Sebaliknya Alguacil harus menurunkan tim yang berbeda karena sejumlah pemain masih cedera.

Striker andalan Mikel Oyarzabal pun diragukan tampil. Dirinya sudah absen pada dua pertandingan terakhir Sociedad karena cedera otot.

Posisi Oyarzabal bakal digantikan Ander Barrenetxea yang ditopang Kubo dan Umar Sadiq. Sedangkan di belakang, Alguacil memanggil kembali bek kanan Hamari Traore dan bek tengah Robin Le Normand untuk memperkuat pertahanan.

Laga itu diprediksi bakal ketat meski PSG sedikit diunggulkan. Namun dengan keuntungan bermain di kandang sendiri, PSG lebih berpeluang menang. Namun Sociedad bisa membuat kejutan di laga away.

Prakiraan Susunan Pemain

Paris Saint-Germain (4-2-3-1): Donnarumma; Hakimi, Danilo, Marquinhos, Hernandez; Urgate, Zaire-Emery; Dembele, Asensio, Kolo Muani; Mbappe

Real Sociedad (4-3-3): Remiro; Traore, Zubeldia, Le Normand, Galan; Merino, Zubimendi, Mendez; Kubo, Sadiq, Barrenetxea