Marc Klok Minta Suporter Hati-Hati Dukung Timnas di Piala AFF 2022: Kita Belajar dari Tragedi Kanjuruhan
Pemain timnas Indonesia, Marc Klok. (Foto:Twitter/@PSSI)

Bagikan:

JAKARTA — Pemain tim nasional Indonesia Marc Klok meminta dukungan suporter saat skuad Garuda berusaha mencari gelar perdana di Piala AFF 2022.

Indonesia akan memulai perjalanan fase grup melawan Kamboja di Stadion GBK pada Jumat, 23 Desember mendatang. Suporter pun diizinkan datang.

"Datang ke sini ramai. Bantu kami dan dukung kami, tapi juga perlu hati-hati," kata Klok usai latihan di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa, 20 Desember kemarin.

Sebelumnya pihak kepolisian telah mengabulkan permohonan PSSI terkait izin boleh dihadiri penonton untuk dua pertandingan kandang melawan Kamboja dan Thailand.

Nantinya, sebanyak 30 ribu suporter akan diizinkan hadir saat pertandingan melawan Kamboja, sedangkan melawan Thailand pada 29 Desember, meningkat menjadi 50 ribu.

Klok mengatakan, kehadiran penonton di stadion jelas begitu penting bagi Indonesia. Meski demikian, ia mengingatkan agar suporter perlu belajar dari tragedi Kanjuruhan.

"Kita semua belajar dari kemarin di Malang, tragedi Kanjuruhan. Dukung kami tapi harus fair, respectful, dan nikmati," kata pemain milik Persib Bandung tersebut.

Selain menjalani dua laga kandang, Indonesia juga akan melakoni dua duel tandang melawan Filipina dan Brunei Darussalam di Stadion Rizal Memorial (2 Januari 2023) dan Stadion Kuala Lumpur (26 Desember).

Skuat Garuda masih penasaran mencari gelar pertama kompetisi dua tahunan tersebut. Dari enam kesempatan masuk final sebelumnya sejak 2000, Indonesia selalu keluar sebagai runner up, masing-masing di tahun 2000, 2002, 2004, 2010, 2016, 2020.