Piala AFF Dimulai, Shin Tae Yong: Ini Saatnya Indonesia Juara!
Shin Tae-yong (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA — Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae Yong mengatakan sudah saatnya Skuat Garuda keluar sebagai juara Piala AFF tahun ini.

Kompetisi kawasan Asia Tenggara itu mulai bergulir hari ini, Selasa, 20 Desember. Indonesia akan berusaha mencari gelar pertama kompetisi kawasan Asia Tenggara itu.

"Target saat ini memang harusnya juara," kata juru taktik Korea Selatan saat memimpin latihan timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa, 20 Desember 2022.

Indonesia bakal memulai perjalanan di kompetisi itu melawan Kamboja pada Jumat, 23 Desember nanti. Itu merupakan satu dari dua laga kandang yang akan dimainkan skuat Garuda.

Selain melawan Kamboja pasukan Shin Tae Yong juga akan menghadapi Thailand di kandang. Adapun dua tandang adalah melawan Filipina dan Brunei Darussalam.

Shin mengatakan, pertandingan pertama bisa menjadi ujian yang sulit bagi Indonesia. Pasalnya, setelah tragedi Kanjuruhan, pemain tidak bermain di kompetisi liga.

"Apalagi tidak ada uji coba sama sekali melawan siapa-siapa. Jadi pastinya performa menurun, tetapi fisik sudah meningkat. Namun, latihan selama ini kalau bisa ditunjukkan di lapangan maka tidak akan masalah," kata dia.

Saat ini Indonesia sedang mencari gelar pertama di kompetisi yang mulai digelar sejak 1996 itu. Total tim Merah Putih sudah mencapai babak final sebanyak enam kali.

Namun, dari enam kesempatan itu Indonesia selalu gagal naik podium tertinggi, termasuk edisi terakhir 2020 lalu. Sementara itu, lima runner up lain dirasakan Indonesia pada edisi 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016.