Shin Tae-yong Bakal Buktikan Sepak Bola Indonesia Lebih Maju dari Sebelumnya
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Foto: Twitter @pssi)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong mengusung sejumlah misi di Piala AFF 2022. Target utama adalah membawa tim Merah Putih jadi juara untuk pertama kalinya.

Dengan kemenangan itu, Shin ingin membuktikan bahwa sepak bola Indonesia sudah lebih maju dari sebelumnya.

"Saya ingin bekerja keras untuk ini dan akan berusaha lebih agar menunjukkan sepak bola Indonesia maju jauh lebih baik daripada sebelumnya," kata Shin Tae Yong pada Kamis, 22 Desember 2022.

Selain itu, Shin ingin menjadi yang terbaik dari pelatih Korea lainnya yang turut berkiprah di Piala AFF 2022. Selain pelatih 52 tahun itu, kompetisi dua tahunan edisi 2022 juga melibatkan Park Hang Seo yang melatih Vietnam dan Kim Pan Gon yang menukangi tim nasional Malaysia.

Shin mengemban tugas berat bersama timnas Indonesia di Piala AFF kali ini. Ia akan berusaha membawa skuat Garuda mendapat gelar perdana dari kejuaraan yang dimulai sejak 1996.

Sejauh ini tim Merah Putih sebenarnya sudah enam kali mencicipi pertandingan final. Akan tetapi, di semua kesempatan itu Indonesia cuma menjadi runner up.

Shin mengatakan, persaingan untuk mendapat gelar tahun ini tentu tidak mudah. Terlebih Malaysia dan Vietnam merupakan negara-negara kuat dan sudah pernah mengoleksi gelar.

"Apalagi nama-nama pelatih Vietnam dan Malaysia pun lumayan baik juga. Kami bertiga tentu akan berusaha menunjukkan yang terbaik di Piala AFF tahun ini," kata dia.

Indonesia akan memulai perjalanan di Piala AFF tahun ini melawan Kamboja pada Jumat besok. Selanjutnya, pasukan Shin akan bertemu Filipina, Brunei, dan Thailand.

Malaysia dan Vietnam yang termasuk favorit juara kemungkinan akan dihadapi Indonesia di babak semifinal atau final. Kedua negara itu favorit menempati juara dan runner up Grup B.