Fachruddin Harap Timnas Indonesia Rezeki Juara Piala AFF Tahun Ini
Tim nasional Indonesia (PSSI)

Bagikan:

JAKARTA — Kapten tim nasional Indonesia Fachruddin Aryanto harap Indonesia bisa mendapat rezeki juara Piala AFF tahun ini setelah sebelumnya langganan runner up.

Skuat Garuda akan memulai perjalanan di fase Grup A kompetisi dua tahunan itu melawan Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jumat, 23 Desember pukul 16.30 WIB besok.

Fachruddin mengatakan, meskipun Indonesia tidak bisa diperkuat nama-nama seperti Elkan Baggott dan Sandy Walsh, kompetisi pemain saat ini tetap meyakinkan untuk keluar sebagai juara.

"Sekarang banyak ada kombinasi, naturalisasi dengan banyak pemain yang kemarin juga sudah banyak pengalaman juga di laga internasional, saya berharap tahun ini bisa lebih baik dari tahun sebelumnya," kata pemain Bali United itu.

Indonesia total sudah memasuki enam pertandingan final kompetisi di kawasan Asia Tenggara ini. Namun, dari enam kesempatan itu, pasuka Garuda selalu keluar sebagai runner up.

Dua runner up pertama didapatkan Indonesia pada edisi 2000 dan 2002. Sementara itu, empat posisi runner up berikutnya didapat masing-masing pada tahun 2004, 2010, 2016, dan edisi terakhir 2016.

"Kami harus berjuang apapun kondisinya bahwa kami sudah di depan mata untuk turnamen tersebut. Kami sudah melakukan TC kurang lebih satu bulan di Bali, terus kami geser ke sini," kata dia.

"Jadi, besok kami siap memberikan yang terbaik. Mungkin kita laga home. Tidak ada alasan apapun, kita harus siap 100 persen untuk pertandingan besok," imbuh dia.

Indonesia diprediksi bisa mendapat tiga angka pada pertandingan perdana grup. Pasalnya, dari lima pertemuan sebelumnya, Indonesia tercatat selalu menang atas Angkor Warriors.

Kemenangan perdana Indonesia atas Kamboja dimulai pada edisi perdana 1996 lalu. Ketika itu, pasukan Angkor Warriors ditekuk dengan skor telak tiga gol tanpa balas.

Indonesia lalu menang di empat edisi berikutnya masing-masing terjadi pada 2002 (4-2), menyusul tahun 2004 yang merupakan kemenangan terbesar (8-0), berikutnya di tahun 2008 (4-0), dan terbaru 2020 lalu (4-2).