Indonesia Bakal Punya Ganda Putra Nomor Satu Dunia Lagi Pekan Depan, Selamat Fajar/Rian!
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto akan menduduki ranking 1 dunia. (Foto: Twitter/@INABadminton)

Bagikan:

JAKARTA — Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto diprediksi bakal menduduki peringkat satu dunia BWF mulai pekan depan.

Saat ini pasangan tersebut masih menempati peringkat dua dunia. Namun, menyusul adanya dua pencairan ranking terakhir yang dilakukan BWF, mereka dipastikan menjadi nomor satu baru di ganda putra.

"Mari kita sambut dengan meriah pasangan ranking satu dunia yang baru," tulis akun Badminton Talk di Instagram, dikutip pada Kamis, 22 Desember 2022.

"Selamat untuk Fajar/Rian yang mencapai ranking tertinggi dalam karier mereka pekan depan, yakni ranking 1 dunia," lanjut unggahan itu.

Pencairan ranking tersebut menghapus beberapa turnamen dengan perolehan poin besar, yakni Indonesia Masters (Super 500), Indonesia Open (Super 1000), dan BWF World Tour Finals 2021.

Dengan demikian, Fajar/Rian otomatis naik ke posisi teratas menggeser pasangan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi. Pasangan Jepang ini adalah juara Indonesia Masters 2021 dan runner up Indonesia Open di tahun yang sama.

Fajar/Rian naik posisi teratas berkat penampilan impresif mereka sepanjang 2022. Mereka total memenangi empat gelar, yaitu Swiss Open, Indonesia Masters, Malaysia Masters, dan Denmark Masters.

Fajar/Rian adalah satu dari dua pasangan Indonesia yang mengisi lima besar saat ini. Di posisi keempat ada pasangan veteran Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

Sementara itu, masalah cedera Marcus Fernaldi Gideon membuat ia dan pasangannya Kevin Sanjaya Sukamuljo harus terjun bebas di daftar. Pasangan berjuluk The Minions itu saat ini mengisi peringkat delapan dunia.