Resmi! Nova Widianto Jadi Pelatih Bulu Tangkis Malaysia, Diikat Kontrak 2 Tahun
Pelatih ganda campuran Indonesia, Nova Widianto. (Dok. PBSI)

Bagikan:

JAKARTA — Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) resmi merekrut Nova Widianto untuk menduduki posisi pelatih ganda campuran dengan durasi kontrak selama dua tahun.

Penunjukkan Nova tersebut sudah dikonfirmasi oleh BAM dalam situs resminya pada Rabu, 21 Desember 2022 siang WIB.

"Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) hari ini mengumumkan Nova, 45 tahun, telah menandatangani kontrak 2 tahun untuk menangani ganda campuran," demikian pernyataan resmi BAM.

Nova akan memulai pekerjaannya di BAM bulan depan. Ia sudah pasti mengemban tugas membawa ganda campuran Malaysia menembus Olimpaide Paris 2024 nanti.

"Para pemain ganda campuran Malaysia sangat senang dengan prospek bisa memiliki pelatih sekaliber Nova yang bisa membantu mereka," kata Wakil Direktur Pelatih BAM Rexy Mainaky.

"Pengetahuan dan volume pengalaman Nova akan sangat berharga bagi para pemain saat ini, terutama dengan kompetisi kualifikasi Olimpiade Paris yang dimulai tahun depan," tambah dia.

Nova merupakan mantan pebulu tangkis Indonesia spesialis ganda campuran sekaligus ganda putra. Selama aktif, ia tercatat berpasangan dengan Vita Marissa, Lilyana Natsir, dan juga Candra Wijaya.

Ia berhasil menjuarai SEA Games 2001, Asian Badminton Championships 2003, dan Japan Open 2004 bersama Vita di kelas ganda campuran.

Perjalanan kariernya yang paling mentereng adalah saat ia berpasangan dengan Lilyana Natsir. Saat dipasangkan mereks sukses menjuarai World Championships dua kali pada tahun 2005 dan 2007 serta mendapat medali perak di Olimpiade 2008.

Mereka juga sukses membawa pulang BWF World Championships 2009. Capaian ini membuat Nova/Lilyana pernah dinobatkan sebagai pemain bulu tangkis ganda campuran terbaik di dunia.

Namun, pada saat terjadi perombakan Lilyana dipindahkan untuk berpasangan bersama Tontowi Ahmad, Nova kembali digandeng dengan Vita. Selain itu, Nova adalah bagian dari tim ganda putra untuk Piala Thomas 2008 bersama Candra Wijaya.

Terkait