Bagikan:

YOGYAKARTA – Nama Nova Widianto menjadi sorotan setelah ia memutuskan untuk pindah ke negara tetangga, Malaysia. Nova Widianto juga secara resmi telah menjadi bagian Federasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM). Seperti halnya di Indonesia, di BAM Nova Widianto menjadi pelatih ganda campuran atlet Malaysia. Lalu, bagaimana profil Nova Widianto?

Profil Nova Widianto

Sejarah Nova Widianto adalah atlet bulu tangkis yang lahir pada 10 Oktober 1977 di Klaten, Jawa Tengah. Ia lahir dari pasangan Stephanus Santosa dan Yustina Sutarni. Sebagian masyarakat juga penasaran dengan agama Nova Widianto yang menurut beberapa sumber adalah Katolik.

Sebelum menjadi pelatih, ia meniti kariernya dari bawah. Nama Nova Widianto sebelunya telah dikenal sebagai atlet bulu tangkis Indonesia spesialis ganda campuran dan ganda putra. Ia merupakan lulusan klub Tangkas Bogasari Jakarta yang sukses meraih berbagai kemenangan.

Salah satu momen menarik yang dialami oleh Nova Widianto adalah saat ia duet dengan istrinya sendiri yakni Eny Widiowati. Duet tersebut dilakukan pada tahun 1998 di gelaran Jakarta International. Selain itu ia juga pernah duet dengan beberapa atlet bulu tangkis legendaris seperti Candra Wijaya, Vita Marissa, dan juga Liliyana Natsir.

Sejarah Kemenangan Nova Widianto

Kemenangan pertama yang membuat Nova Widianto mendapat sorotan adalah saat ia duet dengan Vita Marissa. Kala itu keduanya berhasil meraih beberapa kemenangan yakni di SEA Games 2001, Asian Badminton Championships 2003, dan Japan Open 2004.

Namun kemenangan Nova Widianto yang paling disambut meriah oleh masyarakat adalah saat ia berduet bersama Liliyana Natsir. Keduanya berhasil menjadi juara dalam World Championships pada tahun 2005 dan 2007. Di tahun 2007, Nova Widianto dan Liliyana Natsir mengalahkan Zheng Bo dan Gao Ling.

Pasangan Nova/Lilyana juga sempat dinobatkan sebagai atlet bulu tangkis ganda campuran terbaik di dunia hingga Nova memutuskan pension pada tahun 2010 dan memutuskan menjadi pelatih.

Kehebatan Nova Widianto

Di dunia bulu tangkis, Nova memang dikenal sebagai atlet yang serbaguna. Ia bisa dipasangkan dengan semua pemain. Wajar ia dikenal sebagai atlet spesialis ganda campuran.

Selain itu Nova Widianto juga ditakuti karena ia bisa mengambil dan membalas lemparan kok dari lawan dengan teknik yang terbilang rumit. Hal itu membuat lawannya merasa kesulitan mengalahkannya saat di lapangan.

Prestasi Prestasi Nova Widianto

Sebelum menjadi pelatih bulu tangkis di PBSI, Nova Widianto berhasil meraih sejumlah prestasi yakni sebagai berikut.

  • Victor Company of Japan Asian Championships, 2003
  • Yonex Open Japan, 2004
  • Aviva Open Singapore, 2004
  • XIV World Championships, 2005
  • Djarum Indonesia Open, 2005
  • Asian Badminton Championships, 2006
  • Singapore Open, 2006
  • Tionghoa Taipei Terbuka, 2006
  • BWF World Championships di Hyderabad 2009
  • Hongkong Super Series 2009

Biodata Nova Widianto

Nama: Nova Widianto

Tempat, Tanggal Lahir: Klaten, 10 Oktober 1977

Usia: 45 tahun

Tinggi Badan: 179 cm

Berat Badan: 73 kg

Kepindahan Nova Widianto ke Malaysia

Seperti diketahi, Nova Widianto memutuskan untuk bergabung dengan BAM dan dikontrak selama dua tahun sebagai pelatih ganda campuran. Ia akan mulai melatih atlet Malaysia mulai bulan depan dan akan membantu tim Malaysia menembus Olimpaide Paris 2024. Informasi ini juga disiarkan dalam situs resmi BAM.

"Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) hari ini mengumumkan Nova, 45 tahun, telah menandatangani kontrak 2 tahun untuk menangani ganda campuran," demikian pernyataan resmi BAM.

Itulah informasi terkait profil Nova Widianto. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.