Kepergian Nova Widianto Memang Mengejutkan, tapi Atlet Ganda Campuran Indonesia Kini Jadi Mandiri
Mantan pelatih ganda campuran Indonesia, Nova Widianto. (Foto: PBSI)

Bagikan:

JAKARTA - Nova Widianto membuat keputusan mengejutkan di akhir tahun 2022. Dia memutuskan keluar dari PBSI dan hijrah ke Malaysia.

Keputusan Nova ini sempat membuat kondisi ganda campuran Indonesia jadi perhatian. Atlet ganda campuran dikhawatirkan terkena dampak dari langkah yang diambil Nova.

Namun hal tersebut ditepis Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky. Dia mengatakan, atlet ganda campuran Indonesia justru menjadi lebih mandiri dan bertanggung jawab setelah ditinggalkan Nova Widianto.

"Dengan perginya Nova, ya tidak bersyukur tapi tidak khawatir juga. Anak-anak memang merasa kehilangan tapi mereka jadi mandiri. Ini sekarang tugas Amon (Santoso) agar membuat mereka bekerja lebih keras," kata Rionny, seperti dilansir dari Antara, Sabtu, 7 Januari.

Meski merasa kehilangan, tapi Rionny memastikan program bagi ganda campuran akan terus berjalan sesuai prosedur yang sudah diberikan. Ia pun meminta Amon yang sebelumnya menjabat asisten pelatih untuk menjalankan latihan bagi atlet-atletnya.

PBSI pun tak bimbang dengan kemampuan yang dimiliki oleh Amon karena sudah berpengalaman menjadi pelatih di Jepang selama beberapa tahun bersama dengan Rionny.

"Dia sama seperti saya pernah di Jepang, pernah juara liga antar perusahaan di sana. Dia orangnya keras dan disiplin, kalau Nova orangnya baik," kata Rionny menceritakan.

Perbedaan karakter antara Nova dan Amon dinilai akan membawa perubahan signifikan kepada atlet. Dengan kedisiplinan yang tinggi, atlet bisa mendapat persiapan yang lebih matang sebelum menjalani sebuah turnamen.

Bahkan Rionny terang-terangan meminta Amon agar tidak memanjakan pebulu tangkis ganda campuran Pelatnas Cipayung, namun tetap memberikan porsi latihan sesuai tanggung jawab masing-masing.

"Siapa pun pelatihnya sama saja, tinggal bagaimana persiapannya itu. Malam hari harus evaluasi, harus tahu arah angin, jangan tergantung dengan orang lain, tanpa pelatih pun seharusnya tetap bertanggung jawab," ungkap Rionny.