Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, sukses mengantarkan timnya jadi juara Piala AFF U-19 2024. Setelah kesuksesan ini, kabar berembus semakin kencang bahwa Indra Sjafri bakal punya posisi yang setara dengan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia senior.

Indra Sjafri disebut bakal membantu Shin Tae-yong menukangi Skuad Garuda yang akan dipecah menjadi dua tim. Hal tersebut berkaitan dengan agenda berlaga di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan Piala AFF 2024 pada bulan November 2024.

Untuk agenda Kualifikasi Piala Dunia 2026, skuad Timnas Indonesia akan dipimpin Shin Tae-yong. Sementara untuk tim yang akan tampil di Piala AFF 2024 pada bulan yang sama, sosok pelatih yang akan mendampingi tim masih menjadi tanda tanya.

Situasi inilah yang kemudian membuat nama Indra Sjafri mencuat menjadi kandidat untuk mengisi kursi tersebut. Apalagi Indra Sjafri baru saja berhasil membawa Indonesia U-19 meraih gelar.

"Sebagai warga negara Indonesia yang baik, apa pun tawaran PSSI, tentu saya tidak bisa menolaknya," kata Indra Sjafri soal peluang membantu Shin Tae-yong menangani Timnas Indonesia, dikutip pada Kamis, 1 Agustus 2024.

Tangan dingin Indra Sjafri dalam menangani tim pun sudah tak diragukan lagi. Selain baru saja mengantarkan Indonesia U-19 meraih trofi Piala AFF U-19 2024 setelah 11 tahun menanti, pelatih 61 tahun itu juga punya sederet catatan mentereng lain.

Piala AFF U-19 2013 menjadi gelar pertama yang disumbangkan Indra Sjafri untuk Indonesia. Kepastian juara didapat dengan mengalahkan Vietnam lewat adu penalti pada partai final yang berlangsung di Sidoarjo.

Trofi kedua diraih pada Piala AFF U-22 2019 di Phnom Penh, Kamboja. Empat tahun setelahnya, Indra Sjafri membawa Indonesia meraih medali emas sepak bola putra SEA Games 2023 dengan menekuk Thailand 5-2.

Piala AFF U-19 2024 menjadi gelar juara terbaru yang dipersembahkan Indra Sjafri untuk Indonesia. Bertanding di Stadion Gelora Bung Tomo, Senin, 29 Juli 2024, malam WIB, kemenangan Indonesia dipastikan melalui gol tunggal Jens Raven pada menit ke-17.

"Saya sangat bersyukur atas pencapaian ini. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemain, staf kepelatihan, dan PSSI yang telah mendukung tim ini dengan luar biasa," kata Indra Sjafri.

Bagi sang pelatih, kemenangan ini tentu menjadi motivasi untuk bekerja lebih baik lagi. Soalnya, target utama Indonesia U-19 ialah lolos Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

Garuda Muda tergabung di Grup F bersama Yaman, Maladewa, dan Timor Leste yang akan dimulai pada 17 September 2024.

"Juara Piala AFF U-19 2024 menjadi modal bagus bagi kami untuk semakin percaya diri mengikuti turnamen Asia. Kami sangat percaya diri," kata Indra Sjafri.

Timnas Indonesia U-19 akan bersiap mulai 11 Agustus 2024. Mereka akan berangkat ke Korea Selaan pada tanggal 29 Agustus 2024 atau lebih awal.

Sebagai persiapan, mereka akan menjalani pertandingan uji coba melawan Argentina, Thailand, dan Korea Selatan dalam sebuah turnamen mini bertajuk Seoul Earth On Us Cup 2024.