Bagikan:

JAKARTA - Liverpool menaklukkan Arsenal 2-1 dalam duel pramusim di Stadion Lincoln Financial Field, Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat, Kamis, 1 Agustus 2024 pagi WIB. Gol-gol Mohamed Salah dan Fabio Carvalho membawa Liverpool meraih kemenangan kedua di laga uji coba.

Manajer Liverpool Arne Slot menurunkan sebagian besar pemain pilar di laga uji coba sesama tim Premier League Inggris. Tidak hanya Salah, tetapi juga gelandang Dominik Szoboszlai yang baru saja memperkuat Hungaria di Euro 2024.

Sedangkan striker timnas Portugal Diogo Jota menjalani laga pertama di pramusim. Sebelumnya dia mendapat tambahan liburan usai tampil di Piala Eropa.

Arsenal juga tampil dengan skuat terbaik. Namun manajer Mikel Arteta belum memainkan rekrutan anyar bek Riccardo Calafiori. Pemain timnas Italia yang didatangkan dari Bologna ini baru bergabung pada Senin lalu. Arteta pun tak tergesa menurunkan Calafiori.

Di pertandingan itu, Liverpool unggul lebih dulu saat Salah mencetak gol di menit 13. Gol berawal dari umpan panjang kiper Caoimhin Kelleher yang diterima Jota.

Dia kemudian memberikan bola kepada Harvey Elliot. Selanjutnya, gelandang Inggris berusia 21 ini yang menyodorkan bola yang dituntaskan Salah.

Unggul 1-0 menjadikan pertandingan kian hidup. Apalagi Arsenal mencoba bangkit untuk mengejar defsit gol.

Namun The Reds nyaris memperbesar keunggulan melalui Jota. Sayangnya sepakan dia masih membentur tiang gawang. Sedangkan peluang berikutnya juga gagal karena tendangan Jota melambung.

Setelah berkali-kali gagal, Liverpool akhirnya memperbesar keunggulan di menit 34. Elliot kembali berperan dalam proses gol Carvalho.

Dirinya melepaskan tendangan lambung melewati pemain belakang The Gunners. Bola diterima Carvalho yang kemudian membobol gawang Arsenal.

Arsenal akhirnya memperkecil ketinggalan setelah striker Kai Havertz mencetak gol menjelang akhir babak pertama. Gol Havertz tercipta lewat kerjasama apik dengan Martin Odegaard.

Skor berubah menjadi 2-1 dan bertahan sampai akhir laga. Ini menjadikan Arsenal menelan kekalahan pertama di pramusim. Sebelumnya, mereka menang adu penalti lawan Bournemouth dan kemudian menaklukkan Manchester United 2-1.

Sementara, Liverpool memetik kemenangan kedua. Di uji coba pertama, mereka menang tipis 1-0 atas Real Betis.

"Keberhasilan kami meraih kemenangan ada dua pertandinga ini merupakan buah dari kerja keras kami. Menurut saya kami menjalani dua laga yang tidak mudah. Namun kami bisa menerapkan saat latihan di pertandingan. Kami juga belajar dari manajer yang menjadikan kami tahu apa yang harus dilakukan," ujar Carvalho seperti dikutip laman klub.

Lebih lanjut, Carvalho menuturkan bila Arsenal merupakan lawan yang sulit dikalahkan. Mereka bisa memenangkan pertandingan karena menerapkan instruksi manajer dengan sangat baik.

"Kami tahu kualitas mereka. Tetapi kami juga menunjukkan kekuatan kami. Di pertandingan ini, kami mencoba beradaptasi dengan permainan mereka dan bagaimana menerapkan instruksi manajer," tutur dia.

"Kadang kami keluar dari rancangan pertandingan, tetapi kami dengan cepat kembali bersatu dan bermain sesuai rencana," ucap pemain sayap yang musim lalu dipinjamkan ke Hull City.