Piala Dunia 2022: Hajar Senegal 3-0, Inggris Tantang Prancis di Babak Perempat Final
Jordan Henderson pencetak gol pertama Inggris ke gawang Senegal (Twitter @fifaworldcup)

Bagikan:

JAKARTA - Laga 16 besar antara Inggris versus Senegal yang berlangsung di Al Bayt Stadium pada Senin dini hari WIB berakhir untuk kemenangan Three Lions 3-0. Tiga gol anak asuhan Gareth Southgate dicetak oleh Jordan Henderson, Harry Kane, dan Bukayo Saka.

Dalam laga ini, Southgate memasukkan kembali Saka ke dalam skuad Inggris. Akibatnya, Marcus Rashford dilucuti dari line-up meski mencetak dua gol kala melawan Wales.

Dua gol Rashford mengilhami kemenangan 3-0 atas The Dragons dalam pertandingan terakhir Grup B yang memastikan Inggris maju ke 16 besar.

Southgate lebih memilih Saka ketimbang bintang Manchester United itu yang menjadi pencetak gol terbanyak Inggris dengan tiga gol.

Saka sendiri mencetak gol saat Inggris menang 6-2 melawan Iran.

Southgate juga tidak masukkan Raheem Sterling karena ada kaitannya dengan "masalah keluarga".

Sementara itu, Senegal tidak diperkuat gelandang Idrissa Gueye yang diskors sehingga Nampalys Mendy masuk skuad

Krepin Diatta juga menjadi starter untuk Senegal menggantikan Pape Gueye.

Inggris bermain menekan sejak awal. Gelandang Liverpool membuka kemenangan Three Lions lewat tendangan dari kotak penalti pada menit ke 38 dan digandakan oleh Harry Kane pada masa injury time babak pertama.

Striker Tottenham Hotspur itu menerima umpan dari Phil Foden dan menembak bola dari sisi kanan tepi kotak penalti dengan kaki kanannya. Bola pun menghujam gawang Edourad Mendy tanpa ampun.

Pada babak kedua, Saka membawa Inggris makin menjauh. Menerima umpan silang Foden dari sisi kanan pertahanan Senegal, gelandang Arsenal itu mencetak gol ketiga Three Lions pada menit 57.

Dengan kemenangan 3-0 ini, Tiga Singa akan menghadapi Prancis di babak perempat final yang mengalahkan Polandia 3-1 pada pertandingan sebelumnya.

Susunan pemain:

Inggris (4-3-3): Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire, Luke Shaw; Declan Rice, Jordan Henderson, Jude Bellingham; Bukayo Saka, Harry Kane, Phil Foden

Senegal (4-3-3): Edouard Mendy; Youssouf Sabaly, Kalidou Koulibaly, Abdou Diallo, Ismail Jakobs; Krepin Diatta, Nampalys Mendy, Pathe Ciss; Iliman Ndiaye, Boulaye Dia, Ismaila Sarr