Pengakuan Tanaka Soal Gol Kontroversial Jepang ke Gawang Spanyol: Saya Lihat Bola Keluar Setengahnya
Ao Tanaka (Instagram.com/@fifaworldcup)

Bagikan:

JAKARTA - Ao Tanaka menjadi pahlawan kemenangan Jepang atas Spanyol di laga terakhir fase grup. Tapi, ia memberi pengakuan mengejutkan soal gol  kontroversial dalam laga itu.

Dalam laga yang berlangsung Jumat, 2 Desember dini hari WIB, Jepang menang 2-1 atas La Furia Roja. Gol kedua penentu kemenangan dibuat Tanaka setelah menerima umpan dari Kaoru Mitoma pada menit ke-51.

Namun, gol Tanaka itu menuai kontroversi setelah bola terlihat sudah lebih dulu keluar dari lapangan sesaat sebelum mengoyak jala gawang Unai Simon.

Dalam tayangan ulang memperlihatkan sebagian bola keluar garis lapangan, tapi beberapa bagian masih menyentuh garis dan VAR menyatakan bola tetap aktif.

Dikutip dari Japan Today, usai laga, Tanaka memberi pernyataan mengejutkan soal gol kontroversinya. Ia mengaku melihat bola memang mengarah keluar tapi kejadian berlangsung sangat cepat.

“Saya rasa melihat bola jelas (sudah) keluar setengahnya, namun lebih dari itu saya tidak bisa melihat karena terlalu cepat," ucap Tanaka.

"Saya hanya konsentrasi untuk mencetak gol, selalu ada kemungkinan bola keluar. Meski pada akhirnya itu adalah gol, jadi bagus-bagus saja." imbuhnya.

Kemenangan ini membawa Jepang melaju ke babak 16 besar dengan status juara grup. Sementara Spanyol, meski kalah mereka juga lolos sebagai runner up.