Piala Dunia 2022: Los Ticos Hindari Tebasan Samurai Biru, Menang 1-0 Lewat Keysher Fuller
Keysher Fuller (Twitter @fifaworldcup)

Bagikan:

JAKARTA - Jepang melanjutkan petualangannya di Piala Dunia 2022 dengan menghadapi Kosta Rika pada pertandingan Grup E di Stadion Ahmed bin Ali, Al Rayyan, Qatar, Minggu sore. Tampil percaya diri, malah Kosta Rika yang menang 1-0 lewat gol Keysher Fuller.

Melansir Antara, pelatih timnas Jepang Hajime Moriyasu melakukan lima pergantian pemain dalam laga ini. Penyerang Ritsu Doan yang pada laga sebelumnya mencetak gol ke gawang Jerman, Yuki Soma dan Ayase Ueda masuk ke dalam 11 pertama skuad Samurai Biru.

Bek kanan Miki Yamane menggantikan Hiroki Sakai yang cedera, sementara gelandang Hidemasa Morita yang baru saja bugar menggantikan Ao Tanaka.

Di sisi lain, pelatih Kosta Rika Luis Fernando Suarez melakukan dua pergantian pemain setelah pada pertandingan sebelumnya dibantai oleh Spanyol dengan skor telak 7-0.

Penyerang sayap muda Jewison Bennette dan bek Carlos Martinez disimpan di bangku cadangan, dengan Gerson Torres serta Kendall Watson menggantikan mereka.

Pada babak pertama, kedua tim menampilkan permainan berimbang. Penguasaan bola 47 persen berbanding 53 persen dengan masing-masing tim menghasilkan satu tendangan.

Saat laga baru berjalan dua menit, Samurai Biru membuka peluang melalui tendangan kaki kiri Ritsu Doan dari luar kotak penalti. Namun, menyamping ke sisi kiri gawang Keylor Navas.

Kosta Rika membalas pada menit 34. Menerima umpan Anthony Contreras, tendangan Joel Campbel dari luar koyak penalti melambung dan menyamping ke kanan gawang Shuichi Gonda.

Babak pertama ditutup dengan skor sama kuat tanpa gol.

Babak kedua dimulai. Kedua tim silih berganti melakukan serangan demi serangan. Tapi, selalu kandas.

Samurai Biru menguasai pertandingan dan melakukan pressing ketat ke kubu pertahanan Los Ticos demi mencari gol pembuka. 

Peluang emas datang pada menit 71 usai Francisco Calvo menjatuhkan Junya Ito di tepi kotak penalti. Selain kartu kuning untuk Calco, Kosta Rika juga diganjar hukuman tendangan bebas. Tapi, upaya Daichi Kamada hanya membentur pagar betis Kosta Rika.

Keasikan menyerang, Samurai Biru malah kebobolan. Menit ke 80, Keysher Fuller membuat gol indah yang dilambungkan ke pojok kanan atas gawang Jepang. Gonda sempat menepis bola, tapi tak bisa menyelamatkan gawangnya dari kebobolan. Los Ticos memimpin satu bola.

Menit 87 terjadi kemelut di depan gawang Navas di mana Jepang nyaris menyamakan kedudukan. Tapi, kiper Paris Saint-Germain itu dengan sigap memeluk bola. Skor 1-0 bertahan hingga usai.

Dengan hasil ini, Samurai Biru tertahan di posisi dua dengan 3 poin. Sementara Kosta Rika, naik ke posisi tiga juga dengan tiga poin sekaligus membuka peluang lolos ke babak 16 besar.

Susunan pemain

Jepang (4-2-3-1)

Shuichi Gonda (GK); Miki Yamane, Kou Itakura, Maya Yoshida (C), Yuto Nagatomo; Wataru Endo, Hidemasa Morita; Ritsu Doan, Daichi Kamada, Yuki Soma; Ayase Ueda.

Pelatih: Hajime Moriyasu

Kosta Rika (5-3-2)

Keylor Navas (GK/C); Keysher Fuller, Oscar Duarte, Francisco Calvo, Bryan Oviedo, Kendall Waston; Celso Borges, Yeltsin Tejeda, Gerson Torres; Anthony Contreras, Joel Campbell.

Pelatih: Luis Fernando Suarez

Wasit: Michael Oliver (Inggris).