Wow, Sebesar Ini Kekayaan Cristiano Ronaldo dan Sumber Hartanya sebagai Sultan Lapangan Hijau
Cristiano Ronaldo jadi kaya raya setelah menjadi pesepakbola kenamaan. (Instagram/@cristiano)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Cristiano Ronaldo resmi tidak lagi menyandang seragam Manchester United pada November 2022. Perpisahan pemain bintang asal Portugal dengan MU berawal dari wawancara kontroversial dengan Pers Morgan. Ronaldo banyak mengkritik MU dalam sesi wawancara. 

Ronaldo melanggar ketentuan etika aturan liga dan klub. Di Premier League, setiap pemain tidak boleh menerima wawancara tanpa seizin klub. Selain itu, pemain juga tidak boleh menyampaikan pernyataan yang dapat memberi citra buruk terhadap klub. 

Striker yang kerap mendapatkan penghargaan pemain terbaik ini diduga sengaja melakukannya supaya bisa pindah dari MU. Klub setan merah pun memutuskan kontrak Ronaldo tanpa memberinya kompensasi dan tidak perlu membayar sisa gajinya sebesar 282,4-301,2 miliar rupiah. 

Berapa Kekayaan Cristiano Ronaldo?

Meski karier sepak bolanya harus sedikit goyah, namun Cristiano Ronaldo tidak terlalu pusing atau khawatir. Ronaldo pun dinilai masih akan banyak diincar oleh klub-klub besar di Eropa. Hal ini tidak mengherankan, mengingat Ronaldo merupakan pesepakbola bernilai di dunia. 

Ronaldo diperkirakan memiliki kekayaan kekayaan mencapai US$500 juta atau setara Rp7,8 triliun, dilansir dari Celebrity Net Worth. Nominal tersebut diketahui masih jauh lebih rendah dibandingkan dengan harga jual MU. 

Laporan Forbes menyebutkan pendapatan bersih Ronaldo diperkirakan mencapai US$ 100 juta atau setara Rp1,56 triliun. Besaran penghasilannya tersebut membawa dirinya menduduki posisi ketiga dalam urutan pemain sepak bola dengan gaji tertinggi di dunia. 

Cristano Ronaldo.  (Instagram @cristiano)
Cristano Ronaldo. (Instagram @cristiano)

Sumber Kekayaan Cristiano Ronaldo

Jika diuraikan lebih rinci, harta Cristiano Ronaldo datang dari berbagai sumber penghasilan, mulai dari gaji bermain sepak bola, brand ambassador, dan bisnis. 

Gaji Ronaldo dari Sepak Bola

Pemain andalan timnas Portugal tersebut mendapatkan gaji bermain di lapangan mencapai US$ 40 juta atau setara Rp624 miliar. Ronaldo menerima gaji fantastis dari MU mencapai 480.000 pound atau setara Rp9,2 miliar per minggu. Ia pun menjadi pemain dengan gaji tertinggi di Liga Inggris. 

Gaji Ronaldo dari Sponsor Brand

Ronaldo juga mendapat penghasilan dari luar lapangan seperti sponsor atau kontrak brand. Ronaldo diketahui menerima kontrak seumur hidup dari apparel Nike. 

Ia juga menjadi brand ambassador dari berbagai merek, seperti Livescore, Herbalife, Italia Independent, Tag Heuer, Egyptian Steel, Armani, Clear, PokeStars, Castrol ZujuGP, Uniecampus, Therabody, MEO, dan sebagainya.  Jumlah pendapatanya tersebut diperkirakan mencapai US$ 60 juta atau setara Rp936 miliar. 

Bisnis Cristiano Ronaldo

Tak hanya itu, Ronaldo juga masih memperoleh uang dari beberapa bisnis yang ia jalankan. Ronaldo memiliki brand produk pakaian dalam bernama CR7. Selain itu, ia juga diketahui memiliki hotel ternama di Lisbon ibukota Portugal dan Funchal kampung halamannya. 

Ronaldo juga memiliki bisnis lain, yaitu usaha gym yang diberi nama CR7 Fitness yang dibuka di Madrid, Spanyol. Ia juga membuka klinik transplantasi rambut di ibu kota Spanyol tersebut.  

Itulah jumlah kekayaan Cristiano Ronaldo dan daftar sumber kekayaannya. Dengan harta yang demikian banyaknya tersebut, maka wajar jika dirinya tidak terlalu pusing setelah karirnya di MU harus berhenti. Kekayaannya juga diprediksi akan terus mengalami peningkatan seiring berjalannya tahun. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.