Para Miliarder Berkumpul Jelang Duel Anthony Joshua vs Francis Ngannou
Foto bersama Cristiano Ronaldo, Tyson Fury, dan promotor Turki Alalshikh jelang duel Anthony Joshua vs Francis Ngannou (dok. Istimewa).

Bagikan:

JAKARTA - Partai tinju besar bakal terjadi di Arab Saudi saat Anthony Joshua menghadapi Francis Ngannou pada 8 Maret 2024 malam waktu setempat.

Menjelang duel itu, kedua petinju sudah menggelar konferensi pers. Menariknya, pertemuan dengan media itu dihadiri para miliarder olahraga lain.

Selain Joshua dan Ngannou, yang masuk kategori ini, ada juga Tyson Fury serta Cristiano Ronaldo.

Keempatnya berfoto bersama selepas konferensi pers bareng Turki Alalshikh, promotor sekaligus Kepala Otoritas Hiburan Arab Saudi.

The Sun coba membedah kekayaan masing-masing olahragawan yang berfoto tersebut.

Joshua ditaksir memiliki kekayaan 200 juta pound (Rp3,9 triliun). Dia bakal meraup kisaran 10 juta pound lagi dari pertarungannya melawan Ngannou.

Lalu, Fury memiliki sekitar 125 juta pound (Rp2,4 triliun). Pendapatannya mulai meroket ketika ia mengalahkan juara dunia, Wladimir Klitshcko, pada 2015.

Fury sekarang mendapat bayaran besar untuk setiap pertarungan. Dia mengklaim pertarungannya dengan Oleksandr Usyk akan bernilai sekitar 100 juta pound.

Hanya saja, pendapatan Joshua dan Fury ternyata tak ada apa-apanya dibandingkan Cristiano Ronaldo.

Gabungan harta kedua petinju itu ternyata tak sampai setengah dari milik Ronaldo yang diperkirakan punya kekayaan 600 juta pound (Rp11,9 triliun).

Megabintang Portugal itu dilaporkan memiliki gaji sebesar 173 juta pound semusim bersama klub Liga Pro Arab Saudi, Al Nassr. Penghasilan itu belum ditambah beberapa kesepakatan dengan sponsor, termasuk Armani dan Tag Heuer.

Bahkan, Alalshikh pun ditaksir tak punya kekayaan sebesar Ronaldo. Sang promotor memiliki harta sekitar 70 juta pound (Rp1,3 triliun).

Sementara Ngannou menjadi yang 'termiskin' di antara keempat orang tersebut. Dia diperkirakan cuma punya harta 5 juta pound (Rp99 miliar).

Pendapatan petinju asal Kamerun itu melonjak semenjak beralih ke tinju profesional. Sebelumnya saat menggeluti mixed martial arts (MMA), dia terakhir kali mendapat bayaran sekitar 500 ribu pound untuk pertarungan kelas berat UFC.

"Ini benar-benar gambaran bernilai miliaran dolar. Ketika Anda melihat bintang-bintang itu dan berapa nilainya, serta Tuan Alalshikh, pikiran Anda akan terkejut."

"Dia memegang pengaruh dan dompet. Arab Saudi ingin menyalip Vegas sebagai ibu kota pertarungan dunia dan Alalshikh adalah bagian besar dari hal tersebut," ujar seorang sumber kepada The Sun.

Laga Anthony Joshua vs Francis Ngannou memang menjadi pusat perhatian di Arab Saudi. Cristiano Ronaldo pun rutin menyaksikan duel tinju sebelumnya.

Sementara itu, kehadiran Fury tersebut sejatinya untuk mendukung saudaranya, Roman Fury, yang akan bertarung melawan Martin Svarc di undercard Joshua vs Ngannou.

Fury baru naik ring lagi pada 18 Mei 2024. Dia akan memperebutkan gelar juara kelas berat tak terbantahkan melawan Oleksandr Usyk di Arab Saudi.