Seputar Pertarungan Anthony Joshua vs Francis Ngannou
Anthony Joshua vs Francis Ngannou akan digelar di Arab Saudi (Instagram/@danzboxing).

Bagikan:

JAKARTA - Duel akbar antara Anthony Joshua vs Francis Ngannou akan terasaji di Arab Saudi pada Jumat, 8 Maret 2024, waktu stempat.

Pertarungan ini akan menjadi berlangsung dalam 10 ronde. Hal itu sesuai kesepakatan mantan juara kelas berat dua kali dan mantan juara kelas berat UFC itu bersama Turki Alalshikh, Kepala Otoritas Hiburan Arab Saudi.

Anthony Joshua (AJ) sebelumnya mengalahkan Otto Wallin dalam pertandingan blockbuster lain di Timur Tengah pada akhir tahun lalu.

Setelah kemenangan itu, Joshua diperkirakan akan melawan rival jangka panjangnya, Deontay Wilder. Namun, harapan itu pupus setelah Wilder kalah mengejutkan dari Joseph Parker di Arab Saudi.

Sementara itu, Ngannou membuat banyak orang terkejut di dunia tinju setelah debut menakjubkannya melawan Tyson Fury pada Oktober 2023.

Banyak mengira bintang UFC itu mengalahkan Fury. Dia bisa menjatuhkannya Fury di ronde ketiga sebelum kalah dalam keputusan terpisah dengan kontroversial.

Fury pun sekarang menghadapi Oleksandr Usyk untuk memperebutkan gelar tak terbantahkan pada 18 Mei 2024.

Pemenang antara Joshua dan Ngannou kemudian sejauh ini dipersiapkan untuk menantang pemegang sabuk juara tak terbantahkan tersebut.

Pelatih

Anthony Joshua kembali ditangani Ben Davison, yang sebelumnya juga menukangi petinju asal Inggris itu saat menang melawan Otto Wallin.

Davison menggantikan Derrick James. Sang pelatih juga pernah menangani Tyson Fury.

Kemudian, Ngannou dipimpin oleh mantan kickboxer, Dewey Cooper, dengan asisten John M'Bumba dan kepala pelatih MMA, Eric Nicksick.

Pemilihan Hari

Banyak pertanyaan muncul mengapa pertarungan Anthony Joshua vs Francis Ngannou digelar pada Jumat malam waktu setempat, bukan Sabtu seperti biasanya.

Alasannya, pihak penyelenggara tak ingin bentrok dengan Formula 1 (F1) Grand Prix Arab Saudi yang berlangsung pada Sabtu, 9 Maret 2024 pukul 17.00 waktu setempat di Jeddah.

Prediksi

Favoritisme jelas mengalir buat Anthony Joshua. Mantan juara Olimpiade 2012 dan juara dunia kelas berat dua kali itu diprediksi bisa menghentikan Ngannou.

Namun, AJ tidak bisa memandang remeh Ngannou mengingat petinju asal Kamerun itu bisa menjatuhkan Tyson Fury.

Apalagi, Francis Ngannou meniru Mike Tyson. Dia menghabiskan masa-masa latihannya bertukar pikiran dengan legenda tinju dunia tersebut.

"Dia membawa dua tangan, satu tubuh, tapi pikirannya berbeda dari orang lain. Dalam hal bentuk tubuh dan riasannya, saya telah melihat orang-orang seperti dia berkali-kali sebelumnya."

"Fokus utama saya adalah Ngannou dan menjalani kamp pelatihan intensif. Saya harus mengambil pikiran dan semangatnya, itu akan menjadi ledakan. Kami berdua bisa bertukar pikiran dan ini akan menjadi pertarungan yang bagus," tutur AJ.

AJ bisa menang dengan catatan harus memukul Ngannou lebih keras dari biasanya dan mesti menghabisinya dalam lima ronde pembuka.

Namun, strategi itu bukan hal mudah direalisasikan. Ngannou punya ambisi meraih kemenangan perdana dalam debut tinju internasionalnya.

"Tentu saja saya pikir saya bisa mengalahkannya. Saya menyerukan pertarungan. Saya di sini untuk mengalahkannya dan itulah mengapa saya datang ke sini."

"Saya telah menyerukan pertarungan semacam ini selama empat tahun. Saya di sini bukan untuk muncul, saya di sini untuk mengambil alih"

"Ini mungkin terdengar gila. Mungkin terdengar tidak masuk akal. Namun, itulah komitmen saya dan itu itulah yang kuinginkan," kata Ngannou.

Kartu Lengkap Joshua vs Ngannou

Undercard di antara pertarungan Anthony Joshua vs Francis Ngannou ialah duel besar Zhilei Zhang vs Joseph Parker.

Lalu, petinju Queensberry, Nick Ball, juga akan menantang Rey Vargas dari Meksiko untuk memperebutkan gelar kelas bulu dunia.

Berikut Undercard di antara duel Anthony Joshua vs Francis Ngannou

Zhilei Zhang vs Joseph Parker

Nick Ball vs Rey Vargas (gelar kelas bulu WBC)

Israil Madrimov vs Magomed Kurbanov (gelar kelas welter super WBA)

Mark Chamberlain vs Gavin Gwynne (kejuaraan kelas ringan Eropa)

Andrii Novytskyi vs Juan Torres

Justis Huni vs Kevin Lerena

Ziyad Almaayouf vs Christian Lopes Flores

Roman Fury vs Martin Svarc

Jack McGann vs Louis Greene

Siaran Anthony Joshua vs Francis Ngannou

Pertarungan Joshua vs Ngannou akan ditayangkan langsung di DAZN PPV (pay-per-view) dan Sky Sports Box Office.

Anda dapat melakukan streaming langsung semua aksi dari situs web DAZN dan Sky Sports Box Office serta aplikasinya.