Bagikan:

JAKARTA - Real Madrid hanya mampu bermain imbang 1-1 melawan RB Leipzig di pertandingan kedua babak 16 besar Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Kamis, 7 Maret 2024 dini hari WIB. Meski demikian, Madrid tetap lolos ke perempat final.

Leipzig benar-benar menjadi lawan berat Madrid. Pada duel pertama di kandang sendiri, Leipzig mampu merepotkan Madrid sebelum menang tipis 1-0 lewat gol Brahim Diaz.

Kemenangan itu belum sepenuhnya menjamin Los Merengues untuk lolos ke perempat final. Pasalnya, tim Bundesliga Jerman ini juga cukup menang 1-0 di kandang Madrid untuk memaksakan perpanjangan waktu dan bahkan du penalti.

Di laga itu, skenario itu nyaris terjadi. Madrid harus bekerja keras sebelum bermain imbang lawan Leipzig. Hasil itu menjadikan juara 14 kali Liga Champions ini unggul agregat 2-1 dan meraih tiket ke perempat final.

Tampil di kandang sendiri, Madrid sempat kesulitan menghadapi pertahanan kokoh Leipzig. Pelatih Carlo Ancelotti menurunkan formasi yang agak berbeda.

Pemain sayap Jude Bellingham dimainkan sebagai penyerang tengah. Dirinya mendapat dukungan dari Vinicius Junior dan Federico Valverde.

Hanya, strategi Ancelotti tak berjalan mulus. Serangan mereka kurang berhasil sehingga lini depan Madrid mengalami kemandulan.

Di babak kedua, Ancelotti memasukkan Rodrygo untuk menggantikan Eduardo Camavinga. Kali ini, serangan Los Blancos benar-benar hidup.

Hasilnya, tuan rumah membobol gawang Leipzig melalui Vinicius di menit 65. Gol berawal dari keberhasilan gelandang veteran Toni Kroos yang merebut bola.

Gelandang yang kembali bermain untuk tim nasional Jerman ini kemudian memberikan bola kepada Bellingham.

Pemain sayap timnas Inggris ini kemudian menyodorkan umpan kepada Vinicius yang melakukan penetrasi.

Pemain asal Brasil ini kemudian melepaskan tendangan ke gawang yang gagal diselamatkan kiper Peter Gulacsi.

Namun keunggulan Madrid tak bertahan lama. Hanya berselang tiga menit, Leipzig sudah bisa menyamakan kedudukan.

Gol dicetak oleh Willi Orban yang di hadapan bek Nacho berhasil melompat untuk menyambut umpan silang David Raum. Sundulan dia pun menaklukkan kiper Andriy Lunin.

Dalam kedudukan 1-1, Leipzig justru lebih menguasai permainan. Bahkan selama 20 menit terakhir, mereka mampu mendominasi.

Beruntung, Lunin bermain bagus dan berkali-kali melakukan penyelamatan gemilang.

Peluang terbaik diperoleh gelandang Leipzig asal Spanyol Dani Olmo di menit terakhir. Namun tendangannya masih melambung tipis di atas mistar gawang. Skor imbang bertahan sampai akhir laga. Madrid pun sukses menyingkirkan Leipzig.