Bagikan:

JAKARTA - Anthony Joshua memukul KO Francis Ngannou dalam dua ronde pada pertarungan yang dihelat di Arab Saudi, Sabtu, 9 Maret 2024, pagi WIB.

Joshua tampil tenang dengan pukulan-pukulan sempurna nan terukur. Dia menjatuhkan mantan bintang UFC itu dua kali sebelum memberikan pukulan knockout pada ronde kedua.

Kondisi Ngannou sudah kacau setelah kejatuhan yang kedua. Pukulan terakhir Joshua itu membuat petinju Kamerun tersebut harus dibantu oksigen saat jeda di sudut.

Namun, Ngannou melanjutkan pertarungan. Nahasnya, pukulan Joshua berikutnya telak mendarat di wajahnya yang membuat Ngannou tersungkur dan dinyatakan KO.

Selepas duel, Joshua mengungkapkan bahwa dia berharap pertarungannya melawan Ngannou berlangsung sengit.

Opininya tak asal. Dia melihat pertarungan Ngannou vs Tyson Fury.

Joshua saat itu sadar betul bahwa Ngannou tak bisa dipandang sebelah mata karena bisa menjatuhkan Fury. Namun, kenyataannya justru tak demikian.

"Itulah yang terjadi. Dalam perjalanan menuju kejuaraan, Anda harus selalu fokus."

"Saat saya melihat pertarungan (Ngannou) dengan Tyson Fury, saya pikir orang ini bisa bertarung. Saya ingin bertarung."

"Saya ingin menyambutnya dan ini tidak mengurangi apa pun darinya, dia bisa datang lagi."

"Saya masih belajar dan berusaha. Saya tidak tahu apakah saya sedang mencapai puncaknya. Jika saya yang ada di sana, Anda akan berkata ‘Anthony Joshua harus pensiun’."

"Dalam lima tahun saya akan selesai berjuang dan duduk diam dan semua ini akan tinggal kenangan."

"Saya akan kembali dan mengunci diri di dalam sangkar dan mereka bisa mengeluarkan saya saat mereka ingin saya bertarung. Saya hanya ingin bertarung," ujar Joshua.

Menanti Tyson Fury dan Oleksandr Usyk

Sebelum lagu kebangsaan dan perkenalan, Joshua berkeliling di sekitar ring, sementara Ngannou berdiri diam di atas ring.

Anthony Joshua (AJ) langsung melancarkan jab sejak awal, menghunjam tubuh dan kepala raksasa Ngannou.

Petinju Kamerun itu membalas dengan pukulan hook kiri, yang menurutnya telah menyebabkan masalah bagi AJ.

Tiba-tiba AJ melancarkan pukulan kanan luar biasa yang membuat Ngannou terjatuh ke atas ring dan wasit hampir menghitung.

Ngannou sepertinya sudah selesai, tetapi dia menunjukkan semangat besar untuk bangkit kembali dan bertahan dalam 45 detik tersisa.

Petarung yang baru debut di dunia tinju itu kembali dijatuhkan pada ronde kedua dengan pukulan hook kanan-kiri yang keras. Namun dia kembali bangkit untuk kedua kalinya.

Hanya saja, Ngannou tak bisa bangkit lagi setelah menerima pukulan telak AJ berikutnya. Dia sudah tak bergerak dan memaksa wasit menghitung dan menghentikan duel.

AJ bak melempar sinyal bahwa Ngannou memang harus kembali ke mixed martial arts (MMA). Tinju profesional tak cocok untuknya dan oktagon adalah tempat seharusnya Ngannou berada.

Sementara itu, kemenangan AJ mempertegas tempatnya kembali dalam perebutan gelar juara dunia kelas berat.

AJ masuk dalam rencana pertarungan besar lain melawan pemenang gelar juara kelas berat tak terbantahkan antara Tyson Fury vs Oleksandr Usyk.

Duel Fury vs Usyk akan tersaji di Arab Saudi pada 18 Mei 2024.