Baca Baik-Baik, Ini Kriteria <i>Tie-Break</i> Penentu Tim Lolos Babak Penyisihan Grup Piala Dunia 2022 Qatar
Timnas Argentina (Twitter @seleccion)

Bagikan:

JAKARTA — Babak penyisihan grup Piala Dunia 2022 Qatar memasuki tahap akhir. Masih banyak tim yang harus berjuang untuk lolos ke babak 16 besar kompetisi empat tahunan tersebut.

Saat ini sudah ada tujuh tim yang memastikan diri lolos dan sebagian lain sudah pasti tersingkir. Sementara itu, ada juga tim lain yang harus menentukan nasib mereka sampai laga terakhir.

Situasi yang paling sulit, misalnya, akan dihadapi oleh tim-tim di Grup C. Polandia, Argentina, Arab Saudi, dan Meksiko, yang mengisi grup ini, sama-sama masih memiliki kesempatan lolos ke babak 16 besar.

Kemudian, tim favorit seperti Belgia dan Jerman harus memenangkan pertandingan terakhir mereka jika ingin lolos ke babak 16 besar. Saat ini Jerman masih menjadi juru kunci Grup E, sedangkan di posisi ketiga Grup F.

Untuk bisa lolos ke babak gugur, tim-tim itu harus memenuhi beberapa kriteria yang diterapkan FIFA untuk babak grup. Setidaknya terdapat beberapa faktor yang menentukan lolos tidakya sebuah tim ke babak selanjutnya.

Berikut ini skenario tie break yang akan menjadi penentu jika hingga akhir pertandingan penyisihan grup masih ada tim yang punya koleksi poin yang sama.

Selisih gol

Kriteria pertama adalah selisih gol. Tim dengan selisih gol positif tertinggi akan melaju ke babak berikutnya.

Jumlah gol yang dicetak

Jika terjadi seri dalam selisih gol maka tim-tim yang lebih produktif dalam urusan mencetak gol otomatis dinyatakan sebagai tim yang berhak lolos.

Total poin dalam pertandingan antara tim (head to head)

Jika selisih gol dan jumlah gol yang dicetak masih sama maka kriteria ketiga yang berlaku adalah jumlah poin yang diraih ketika membandingkan kedua tim atau yang dikenal sebagai head-to-head (tim A otomatis menempati posisi paling atas jika pernah menang atas tim B).

Poin fair play

Penentuan terakhir diputuskan berdasarkan raihan poin fair play. Kartu kuning mengurangi 1 poin, dua kartu kuning yang menghasilkan kartu merah mengurangi 3 poin, kartu merah langsung mengurangi 4 poin, kartu kuning yang disusul kartu merah langsung mengurangi 5 poin.

Jumlah hasil seri

Jika semua poin sudah digunakan tetapi masih sama maka jalan terakhir adalah tim yang mendapat hasil imbang lebih banyak yang berhak lolos.