Jadwal Undian Liga Champions Eropa 2022/2023 dan Delapan Tim Unggulan
Real Madrid juara Liga Champiosn 2021/2022 (Twitter @realmadriden)

Bagikan:

JAKARTA — Babak penyisihan grup Liga Champions Eropa 2022/2023 akan dimulai bulan depan. Berikut ini jadwal undian grup kompetisi paling bergengsi di Eropa itu.

Menurut jadwal undian babak grup untuk Liga Champions Eropa 2022/2023 akan berlangsung di Istanbul, Turki, pada Kamis, 25 Agustus pukul 23.00 WIB.

Tim kontestan sudah pasti menanti hasil untuk mengetahui tim mana yang akan menjadi lawan mereka nanti. Total sudah ada 29 tim yang otomatis masuk undian.

Musim ini Liga Champions mengambil format yang sama seperti biasanya. Empat tim teratas musim lalu di Liga Inggris, Spanyol, dan Italia, langsung ke babak penyisihan grup.

Kemudian ada delapan unggulan teratas yang merupakan juara dari masing-masing liga top Eropa dan juara kompetisi antar klub Eropa. Tim-tim ini akan menempati Pot 1 pada saat undian nanti.

Delapan tim unggulan itu adalah Real Madrid, Eintracht Frankfurt, Manchester City, AC Milan, Bayern Munich, Paris St-Germain, Porto, dan Ajax.

Sementara itu, pot lainnya akan diputuskan setelah tiga kualifikasi terakhir dini hari nanti. Tiga tiket tersisa akan direbut oleh PSV vs Rangers, Dinamo Zagreb vs Bodo/Glimt, dan Trabzonspor vs Kopenhagen.

Induk sepak bola Eropa (UEFA) menyesuaikan babak penyisihan grup Liga Champions Eropa menjadi periode waktu yang lebih singkat karena Piala Dunia 2022 Qatar.

Laga penyisihan grup dimulai pada 6 September dan berlangsung hingga 2 November. Periodenya diperingkas menjadi sembilan minggu dibandingkan dengan 12 minggu seperti biasanya.

Lazimnya, pertandingan babak penyisihan grup berlangsung hingga minggu kedua Desember. Namun, Piala Dunia dimulai pada 20 November dan akan berakhir pada 18 Desember nanti.

Adapun babak 16 besar pertandingan akan dimainkan selama sebulan dari 14 Februari hingga 15 Maret. Perempat final akan berlangsung pada bulan April dan semifinal pada bulan Mei, lalu berlanjut ke final di Stadion Olimpiade Ataturk Istanbul pada 10 Juni 2023.

Berikut 29 tim yang sudah lolos:

Chelsea, Liverpool, Manchester City, Tottenham Hotspur, Atletico Madrid, Barcelona, ​​​​Real Madrid, Sevilla, Inter Milan, Juventus, Milan, Napoli, Bayern Munich, Borussia Dortmund, Eintracht Frankfurt, Leipzig, Leverkusen, Marseille, Paris Saint-Germain, Porto, Sporting Lisbon, Benfica, Ajax, Club Bruges, Salzburg, Celtic, Shakhtar Donetsk, Viktoria Plzen, dan Maccabi Haifa.