Usai Pastikan Diri Lolos  ke Babak 16 Besar Liga Champions, AC Milan Tidak Gentar Hadapi Tim Unggulan
AC Milan (Twitter.com/@acmilan)

Bagikan:

JAKARTA — Pelatih AC Milan Stefano Pioli mengatakan timnya siap menghadapi tim unggulan di babak 16 besar Liga Champions Eropa 2022/2023 setelah mereka lolos sebagai runner up grup.

Juara Italia tersebut memastikan diri lolos ke babak gugur setelah mengalahkan RB Salzburg 4-0 di laga terakhir Grup E di Stadion San Siro, Kamis, 3 November dini hari WIB.

Mereka mengoleksi 10 poin atau terpaut tiga poin dari Chelsea yang finis paling atas. Menjadi runner up membuat Milan kemungkinan menghadapi FC Porto, Bayern Munich, Benfica, Manchester City, Real Madrid, atau Tottenham Hotspur, di babak gugur nanti.

"Tidak masalah siapa yang kita hadapi. Bagaimanapun juga itu [melawan unggulan] akan menambah semangat [kami] dan sulit," kata Pioli seperti dilansir dari Football Italia, Kamis, 3 November 2022.

Ini pertama kali Rossoneri membukukan kemenangan beruntun sejak 2011. Sebelumnya, di pekan kelima kemarin mereka sukses mengalahkan wakil Krosia, Dinamo Zagreb.

Lolos ke babak gugur membuat Milan bisa kembali berjaya di Eropa setelah melewati periode buruk selama beberapa tahun terakhir yang membuat mereka jarang bermain di pentas tertinggi ini.

Padahal, dalam sejarah kompetisi mereka merupakan pengoleksi gelar terbanyak kedua setelah Real Madrid. Mereka punya tujuh gelar atau separuh dari yang dikumpulkan Madrid sejauh ini.

"Kami harus ambisius di Liga Champions dan tidak takut apa pun. Siapa pun lawan kami akan menemukan tim Milan dengan keyakinan," ujar Pioli.

Milan merupakan satu dari dua tim terakhir yang mengamankan tiket babak 16 besar pada dini hari tadi. Satu tiket lain didapat oleh RB Leipzig yang lolos sebagai runner up pada Grup F usai mengalahkan Shakhtar Donetsk.

Undian babak 16 besar Liga Champions 2022/2023 akan dilaksanakan pada Senin, 7 November 2022 pukul 18.00 WIB. Undian akan digelar di markas besar UEFA di Nyon, Swiss.