Piala Dunia 2022, <i>Preview</i> Senegal Vs Belanda: The Oranje Dijagokan Ketimbang Lawan yang Tanpa Sadio Mane
Timnas Belanda (Instagram.com/@officialknvb)

Bagikan:

JAKARTA - Pertandingan Grup A Piala Dunia 2022 kembali berlanjut. Pada Senin, 21 November pukul 23.00 WIB, giliran timnas Senegal menghadapi Belanda di Stadion Al Thumama.

Pertemuan antara Singa Teranga dan Belanda ini akan jadi yang pertama kalinya karena kedua tim belum pernah berjumpa. Senegal yang menyandang status juara Afrika dirasa akan timpang sebab mereka tampil tanpa pemain andalan, Sadio Mane yang dipulangkan karena cedera.

Meski begitu, Senegal tetap punya jagoan andalan seperti Edouard Mendy, Kalidou Koulibaly, Fode Ballo-Toure, maupun Idrissa Gueye pada laga malam nanti.

Di sisi lain, Belanda menjadi tim yang patut dijagokan di laga ini. Pasalnya, tim asuhan Louis van Gaal punya kekuatan yang lebih merata dengan kehadiran Virgil van Dijk, Stefan de Vrij, hingga Matthijs de Ligt di lini belakang.

Dengan deretan nama itu, The Oranje bisa dibilang sebagai salah satu tim dengan pertahanan terkuat di Piala Dunia 2022. Berdasarkan catatan dari babak kualifikasi, timnas Belanda bahkan mampu mencetak total 33 gol dan hanya kebobolan delapan kali dari sepuluh pertandingan yang dijalani.

Melihat catatan Senegal, tim asuhan Aliou Cisse ini tak terlalu mencolok. Dari lima laga terakhir yang dijalani, mereka tampil kurang konsisten. Senegal hanya menang satu kali saat berjumpa Bolivia di laga persahabatan pada September lalu, sisanya satu kali kalah dan tiga kali seri.

Berbanding terbalik dengan pasukan Singa Teranga, timnas Belanda justru mengantongi modal yang lebih apik untuk pertemuan malam nanti. Van Dijk dkk tercatat empat kali menang dari lima laga terakhirnya, tidak pernah kalah dan hanya seri sekali saat berjumpa Polandia di UEFA Nations League.

Prakiraan Susunan Pemain Timnas Senegal vs Belanda

Senegal (4-3-3): Edouard Mendy; Fode Ballo-Toure, Abdou Diallo, Kalidou Koulibaly, Youssouf Sabaly; Idrissa Gueye, Nampalys Mendy, Pape Sarr; Ismaila Sarr, Boulaye Dia, Krepin Diatta.

Pelatih: Aliou Cisse (Senegal).

Info skuad: Tidak ada pemain absen.

Belanda (3-5-2): Jasper Cillessen; Virgil van Dijk, Stefan de Vrij, Jurrien Timber; Nathan Ake, Daley Blind, Cody Gakpo, Frenkie de Jong, Denzel Dumfries; Steven Bergwijn, Vincent Janssen.

Pelatih: Louis van Gaal (Belanda).

Info skuad: Marten de Roon (cedera), Memphis Depay (cedera).

Terkait