Serba Pertama di Piala Dunia 2022: Kontroversi VAR Hingga Penalti yang Jadi Gol Perdana
Pemain Ekuador, Enner Valencia, menjadi pencetak gol pertama Piala Dunia 2022 Qatar. (Foto: Twitter/@FIFAWorldCup)

Bagikan:

JAKARTA - Piala Dunia 2022 resmi dimulai pada Minggu, 20 November malam WIB. Pertandingan antara tuan rumah Qatar melawan Ekuador jadi pembuka.

Pertandingan pertama ini sudah diwarnai kontroversi sejak awal laga. Kapten Ekuador, Enner Valencia, nyaris saja mencetak rekor.

Dia bisa menjadi pencetak gol pertama tercepat di Piala Dunia andai golnya pada menit ke-3 tak dianulir wasit.

Gol itu tidak sah setelah wasit melihat video VAR. Ini menjadi gol pertama di Piala Dunia 2022 yang tak disahkan VAR.

Namun, status pencetak gol pertama di Piala Dunia edisi kali ini tetap dipegang Valencia. Dia mencetak gol untuk Ekuador pada menit ke-16 lewat titik putih.

Gol ini sekaligus menjadi penalti pertama di Piala Dunia 2022.

Sementara kiper Qatar, Saad Abdullah Al Sheeb, menjadi pemain pertama yang mendapatkan kartu kuning di turnamen ini.

Valencia juga mencatatkan diri sebagai pemain pertama yang mencetak dua gol dalam satu pertandingan di Piala Dunia 2022. Dia mencetak gol kedua pada menit ke-31.

Dia memanfaatkan umpan dari Angelo Preciado yang tercatat sebagai pemain pertama yang tercatat memberikan assist di Piala Dunia kali ini.

Sayangnya, Valencia gagal menjadi pemain petama yang mencetak hattrick di Piala Dunia Qatar. Dia ditarik keluar pada menit ke-77 dan digantikan Jose Cifuentes.

Pada akhirnya, Ekuador sukses mengalahkan tuan rumah Qatar di pertandingan pembuka dengan skor 2-0. Ini menjadi kemenangan pertama di Piala Dunia 2022.