Top Scorer Piala Dunia Sepanjang Masa, Adakah yang Bisa Saingi Klose?
Top Skor Piala Dunia Sepanjang Masa (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Tidak ada pemain yang mencetak gol di putaran final Piala Dunia sebanyak striker Jerman Miroslav Klose, yang mencetak 16 gol dalam 24 penampilan di empat turnamen terpisah. Satu-satunya pemain lain yang mencetak gol sebanyak empat turnamen Piala Dunia adalah rekan senegaranya Uwe Seeler, Cristiano Ronaldo dan Pelé. Wah ini masuk top skor piala dunia sepanjang masa!

Klose melakukan debut Piala Dunia di turnamen 2002 di Jepang dan Korea Selatan dan memulai dengan awal terbaik, mencetak hat-trick dalam kemenangan telak 8-0 Jerman atas Arab Saudi di Sapporo Dome. Dia adalah salah satu dari 13 pemain yang mencetak hat-trick pada debut Piala Dunia mereka, tetapi tidak ada pemain yang berhasil melakukannya sejak Klose pada hari ini di bulan Juni 2002.

Klose kemudian mencetak gol di ketiga pertandingan penyisihan grup Jerman di Piala Dunia 2002, tetapi gagal mencetak gol dalam empat pertandingan sistem gugurnya, karena mereka berakhir sebagai finalis yang kalah dari Brasil - yang berakhir sebagai pencetak gol terbanyak di turnamen, dengan gol Ronaldo. delapan gol membawa mereka ke kemenangan.

Striker Jerman itu menambahkan lima gol lagi di Piala Dunia 2006 di negara asalnya – kali ini cukup untuk mengamankan Sepatu Emas di turnamen tersebut. Empat gol lagi menyusul di Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, sebelum menambahkan dua gol lagi pada 2014 di Brasil untuk menyalip penghitungan Ronaldo dari 15 gol – gol ke-16 yang sangat penting datang di depan Ronaldo sendiri, yang menonton di tribun di Belo Horizonte karena Brasil dengan tegas kalah 7-1 dari Jerman.

Sebelas dari gol Piala Dunia Klose tercipta dalam 10 pertandingan Penyisihan Grup, sementara hanya lima gol tercipta dalam 11 pertandingan sistem gugur di turnamen tersebut – tidak satupun dari gol tersebut tercipta dalam dua penampilannya di final Piala Dunia (2002 dan 2014).

Secara keseluruhan, 16 gol Klose di Piala Dunia datang dari hanya 63 tembakan – sebuah rekor fenomenal dengan mengonversi 25,4% tembakannya di empat turnamen yang diikutinya.

Beberapa Top Skor Piala Dunia Sepanjang Masa

Piala Dunia (Unsplash)

15 Gol: Ronaldo

Sementara Ronaldo tidak lagi memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak di Piala Dunia, penghitungan 15 golnya hanya dalam 19 penampilan di tiga turnamen patut dikagumi.

Turnamen Piala Dunia debutnya datang pada tahun 1998, dengan empat gol dalam tujuh penampilan di seluruh turnamen di Prancis. Sisi Brasilnya kalah 3-0 di final dari tuan rumah Prancis, dengan penampilan Ronaldo di pertandingan itu diselimuti misteri, setelah awalnya dikeluarkan dari starting XI Brasil, sebelum tampil di edisi berikutnya dibagikan beberapa menit kemudian.

Penampilannya di Piala Dunia 2002 tidak terlalu kontroversial, sang superstar meraih Sepatu Emas dengan delapan gol dalam tujuh pertandingan, termasuk dua gol dalam kemenangan akhir 2-0 atas Jerman di Yokohama di mana ia memenangkan penghargaan man of the match. . Membentuk serangan mematikan bersama Rivaldo dan Ronaldinho, kesuksesan Brasil di turnamen tidak pernah diragukan lagi.

Aspek yang paling mengesankan dari penampilan Ronaldo pada tahun 2002 adalah ia menghabiskan waktu yang lama karena cedera sebelum turnamen menyusul pecahnya ligamen dua tahun sebelum putaran final, yang berarti ia melewatkan seluruh kampanye kualifikasi Brasil untuk Piala Dunia 2002.

Meski finis sebagai pencetak gol terbanyak di kualifikasi CONMEBOL untuk Piala Dunia 2006 dengan 10 gol, ada tanda tanya atas kebugaran dan kondisi fisik Ronaldo menjelang turnamen. Dia mengakhiri dengan tiga gol dalam lima pertandingan sebelum Brasil tersingkir dari tuan rumah negara Jerman di perempat final, membuat golnya secara keseluruhan di turnamen final Piala Dunia menjadi 15 – rekor pada saat itu, menyalip rekor Gerd Müller yang telah bertahan sejak 1974 (14 sasaran).

14 Gol: Gerd Müller

Gerd Müller berhasil mencetak 14 gol hanya dalam dua turnamen Piala Dunia, dengan 10 golnya dalam perjalanan untuk memenangkan Sepatu Emas di Piala Dunia 1970, satu dari hanya tiga kesempatan seorang pemain mencapai angka ganda dalam satu edisi. Faktanya, tidak ada pemain yang mencetak gol sebanyak Müller pada tahun 1970 di salah satu dari 15 turnamen final Piala Dunia putra terakhir.

Striker Jerman Barat itu mencetak gol di masing-masing dari lima penampilan pertamanya di Piala Dunia, termasuk hat-trick berturut-turut dalam pertandingan melawan Bulgaria dan Peru di Meksiko 1970, dengan hanya tiga hari di antara treble. Hanya satu pemain lain yang mencetak hat-trick dalam dua penampilan Piala Dunia berturut-turut, yaitu Sándor Kocsis dari Hongaria pada tahun 1954 (juga dalam periode empat hari).

Müller mencetak gol di setiap pertandingan di Piala Dunia 1970 hingga dan termasuk kekalahan semifinal dari Italia (dua gol) tetapi gagal mencetak gol di babak playoff ketiga/keempat melawan Uruguay.

Piala Dunia 1974 melihat pencetak rekor Bayern Munich Müller menambah empat gol lagi dalam tujuh penampilan, termasuk gol kemenangan dalam kemenangan 2-1 atas Belanda di final di fans sendiri di Olympiastadion di Munich.

Müller memegang rekor pencetak gol terbanyak sepanjang masa di Piala Dunia dengan 14 gol selama 32 tahun, sebelum Ronaldo Brasil menyusulnya pada tahun 2006. Dia dikenal sepanjang karirnya sebagai salah satu penyerang terbaik di dalam area gawang – semua 14 golnya di Piala Dunia gol datang di dalam kotak penalti, dengan setengah (7) masuk ke dalam kotak enam yard.

13 Gol: Hanya Fontaine

Rekor gol terbanyak dalam satu final Piala Dunia adalah milik striker Prancis Just Fontaine, yang mencetak 13 gol dalam enam pertandingan di turnamen 1958. Ini adalah satu-satunya turnamen Piala Dunia yang dia mainkan, tapi dia pasti berhasil.

Dia mencetak gol di setiap satu dari enam penampilannya di turnamen 1958 di Swedia, dengan 13 golnya lebih dari dua kali lipat pencetak gol terbanyak berikutnya di final tahun itu – Pelé dan Helmut Rahn keduanya dengan enam gol.

12 Gol: Pele

Pelé menempati peringkat kelima untuk gol terbanyak yang dicetak di putaran final Piala Dunia, dengan jumlah 12 golnya di empat turnamen. Meskipun dia tidak pernah memenangkan penghargaan Sepatu Emas, dia memenangkan penghargaan Pemain Terbaik di Piala Dunia 1970 berkat empat gol dan enam assist dalam perjalanannya membantu Brasil meraih gelar – salah satu dari tiga turnamen Piala Dunia yang dimenangkan oleh Pelé, sebuah rekor menghitung.

11 Gol: Jürgen Klinsmann dan Sándor Kocsis

Baik striker Jerman Jürgen Klinsmann dan legenda Hongaria Sándor Kocsis mencetak 11 gol di turnamen final Piala Dunia.

Kocsis mencetak 68 gol secara keseluruhan untuk Hongaria di era keemasan mereka, dengan satu-satunya pemain yang mencetak lebih banyak gol di sepak bola internasional untuk negaranya adalah legenda lainnya, Ferenc Puskás (85).

Kocsis hanya pernah tampil di satu turnamen Piala Dunia untuk Hungaria, yaitu pada putaran final tahun 1954 di Swiss. Di turnamen itu, dia mencetak 11 gol hanya dalam lima pertandingan, dengan pemain Prancis Just Fontaine satu-satunya pemain yang mencetak lebih sering dalam satu Piala Dunia (13 pada tahun 1958).

Jadi setelah mengetahui top skor piala dunia sepanjang masa, Simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!