<i>Top Scorer</i> Piala Dunia: Calon Pemain Paling Subur di Qatar 2022
Cristiano Ronaldo (Twitter @fifaworldcup)

Bagikan:

JAKARTA - Dari 21 November hingga 18 Desember 2022, total 32 negara akan mencari juara dunia baru di Piala Dunia Qatar. Namun, untuk mencapai kesuksesan itu, setiap tim sangat mengandalkan para penyerang yang mampu mencetak gol untuk membawa mereka meraih kemenangan.

Pada suatu Piala Dunia, pencetak gol terbanyak di turnamen ini kerap kali muncul dari nama-nama besar. Namun, tidak jarang pula dari kalangan para pemain mengejutkan.

Beberapa nama besar yang pernah menjadi pencetak gol terbanyak di Piala Dunia adalah Garrincha, Mario Kempes (Argentina), Gerd Müller (Jerman Barat), Gary Lineker (Inggris), Ronaldo Luis Nazaria de Lima (Brasil), Miroslav Klose (Jerman) dan Paolo Rossi (Italia).

Sementara itu, Just Fontaine adalah pencetak gol terbanyak di Piala Dunia (1958) dengan 13 gol. Adapun pada edisi berikutnya, tahun 1962, pencetak gol terbanyak turnamen ini hanya mencetak empat gol. Namun, enam pemain mampu mencapai jumlah ini.

Pencetak gol terbanyak Piala Dunia sepanjang masa

Miroslav Klose adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa di Piala Dunia. Secara total, striker Jerman ini membuat tidak kurang dari enam belas gol untuk tim Der Panzer.

Berikut ini adalah sepuluh pencetak gol terbanyak sepanjang masa Piala Dunia FIFA:

1. Miroslav Klose (Jerman) - 16 gol
2. Ronaldo Luiz Nazario de Lima (Brasil ) - 15 gol
3. Gerd Muller (Jerman Barat) - 14 gol
4. Just Fontaine (Prancis) - 13 gol
5. Pele (Brasil) - 12 gol
6. Sandor Kocsis (Hungaria) - 11 gol
7. Jurgen Klinsmann (Jerman) - 11 gol
8. Helmut Rahn (Jerman Barat) - 10 gol
9. Gary Lineker (Inggris) - 12
10. Gabriel Batistuta (Argentina) - 12 gol

Calon top scorer Piala Dunia 2022

Berdasarkan prediksi para pengamat dan bursa taruhan, pemenang Sepatu Emas Piala Dunia di Qatar masih dari posisi striker. Ini adalah kandidat utamanya:

Harry Kane – Inggris

Sejak lolos dari babak kualifikasi Piala Dunia 2022, nama Harry Kane muncul sebagai yang teratas dalam daftar kandidat peraih Sepatu Emas. Konsistensinya dengan Inggris tidak diragukan lagi, membuatnya menjadi andalan utama dalam upaya Inggris mencapai kesuksesan di turnamen tahun ini.

Kane mengungguli Gary Lineker dalam daftar pencetak gol terbanyak Inggris. Mencetak gol internasional ke-49 dalam pertandingan persahabatan melawan Swiss pada Maret 2022, striker Tottenham berusia 28 tahun menyamai legenda Manchester United Bobby Charlton. Kane, mencetak 50 gol dalam 72 pertandingan saat membantu Three Liones menahan imbang Jerman pada laga UEFA Nations League (7 Juni) dan hanya terpaut tiga gol di belakang penyerang ikonik Wayne Rooney, yang masih menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa Inggris untuk saat ini.

Kylian Mbappe & Karim Benzema – Prancis

Menjelang Piala Dunia 2022 di Qatar, tim nasional Prancis mengandalkan dua talenta pencetak gol fenomenal ini. Kylian Mbappe dan Karim Benzema berada tepat di belakang striker Inggris Harry Kane, sebagai calon pemenang Sepatu Emas.

Benzema telah menikmati musim yang luar biasa di Real Madrid, mencetak 44 gol dalam 45 penampilan di semua kompetisi. Sementara itu, Mbappe telah mencetak 36 gol dalam 45 penampilan bersama Paris Saint-Germain. Dinamika ini tidak diragukan lagi akan memberikan dorongan besar bagi Prancis.

Neymar - Brasil

Mempertimbangkan fakta bahwa Brasil dianggap sebagai favorit untuk memenangkan Piala Dunia 2022, tak perlu dikatakan lagi, bentuk dan penampilan Neymar akan sangat penting untuk ambisi mereka. Setelah mencetak 71 gol dalam 117 penampilan internasional, pemain berusia 30 tahun itu berada di urutan kedua setelah Pele, yang menyumbang 77 gol resmi untuk negaranya.

Meski demikian, kebugaran dan performa menjadi perhatian selama musim 2021-22, mengingat Neymar hanya mencatatkan 27 penampilan bersama Paris Saint-Germain di semua kompetisi dan menyumbang 12 gol. Meski angka tersebut merupakan yang terendah sejak bergabung dengan klub Prancis, tidak ada yang bisa meremehkan apa yang mampu dihasilkan Neymar di turnamen seperti Piala Dunia.

Cristiano Ronaldo – Portugal

Superstar Portugal ini adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa dalam sepak bola internasional pria. Dia sekarang mengoleksi 117 gol dalam 189 penampilan bersama tim nasional Portugal dan terus mengincar lebih banyak rekor meski usianya sudah 37 tahun.

Terlepas dari apa yang menjadi musim 2021-22 yang sangat membuat frustrasi di Manchester United, performa mencetak gol Ronaldo tidak pernah diragukan, masih mampu meraup 24 gol dalam 38 penampilan. Ini bisa menjadi Piala Dunia terakhir untuk Ronaldo, yang berarti dorongan dan tekadnya untuk memenangkan Sepatu Emas bisa lebih besar dari sebelumnya.