Piala Dunia 2022: Ayat Al-Qur'an Dibacakan Saat Pesta Pembukaan di Stadion Al Bayt
Morgan Freeman dan Ghanim Muftah dalam pesta pembukaan Piala Dunia (Tangkapan layar)

Bagikan:

JAKARTA - Piala Dunia 2022 resmi bergulir di Qatar mulai 20 November. Dalam pesta pembukaan yang berlangsung di Stadion Al Bayt dengan tema kebersamaan untuk seluruh umat manusia, penyelenggara menyelipkan  potongan ayat Al-Qur'an di awal acara.

Upacara pembukaan dimulai dengan hitungan mundur di layar besar yang menyita perhatian penonton di stadion. Tak lama, video menunjukkan latar belakang pemandangan malam di Qatar.

Di dalam stadion, ratusan penari mulai menempati posisi. Sebelum kemeriahan meledak, Morgan Freeman muncul sebagai narator diiringi lantunan lagu bernuansa Timur Tengah.

Dengan tema tersebut, Freeman tak sendiri. Ia ditemani Ghanim Muftah, pemuda disabilitas yang merepresentasikan kesetaraan dan kebersamaan untuk semua orang.

Di sela-sela narasi kedua tentang kemanusiaan dan persatuan, Ghanim melantunkan potongan ayat suci Al-Qur'an. Ia membacakan surat Al-Hujurat ayat ke-13.

"Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal," begitu arti ayat tersebut.

Momen ini menjadi daya tarik bagi penonton yang berasal dari berbagai negara. Setelah itu, kemeriahan tak kalah seru lantaran Jungkook dari BTS tampil membawakan lagu Dreamers.

Sorak penggemar idol Korea Selatan itu menggema hebat di stadion yang megah, dilanjutkan dengan munculnya ikon Piala Dunia 2022 yaitu ikan pari berwarna putih bernama La’eeb